Lupakan Kentang, Mari Beralih ke Donat Ubi Ungu

Loading...

Resep Donat Ubi UnguUbi ungu atau Ipomoea batatas merupakan jenis ubi yang memiliki pigmen jenis antosinin yang lebih tinggi daripada ubi jenis lain. Pigmen antosinin merupakan pigmen yang dapat terlarut pada air yang secara alami ditemukan pada tumbuhan.

Ubi ungu merupakan tumbuhan merambat yang panjangnya dapat mencapai 10 meter. Daun tumbuhan ini berbentuk menyerupai ujung mata panah.

Selama ini, banyak dari kita yang memakan ubi ungu dengan cara dikukus, atau digoreng. Namun, pernahkah Anda membayangkan jika saja ubi ungu yang selama ini kita tau memiliki banyak kandungan manfaat, dapat dinikmati dengan cara berbeda?

Anda tentu sering memakan donat yang berbahan dasar kentang, tidakkah Anda merasa bosan? Jika iya, Anda sebaiknya mencoba untuk merasakan kenikmatan terselubung yang ada pada donat ubi ungu.

Selain mengandung berjuta manfaat, donat yang terbuat dari ubi ungu juga memiliki daya tarik yang lebih hebat, dengan warnanya yang unik. Cara pengolahannya pun tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan donat kentang.

READ:  Cara Mudah Membuat Donat Kentang

Resep Donat Ubi Ungu

Berikut akan dijabarkan cara pembuatan donat ubi ungu.

Alat dan Bahan

  • 500 gr tepung terigu
  • 200 gr ubi ungu yang sudah dikukus dan dihaluskan
  • 30 gr susu bubuk
  • 100 gr gula pasir
  • 3 kuning telur
  • ½ sendok the garam
  • 1 bungkus /11 gr ragi instant
  • 50 ml air putih

Cara Membuat

1. Campur seluruh bahan di atas dan aduk hingga rata.
2. Lalu, tambahkan margarine. Aduk hingga adonan menjadi elastic.
3. Lalu bentuk adonan hingga bulat dan diamkan selama kurang lebih 30 menit
4. Kempiskan adonan, lalu timbang hingga beratnya 15-30 gram. Bentuk adonan hingga bulat kembali, dan diamkan selama 10 menit.
5. Terakhir, lubangi bagian tengah adonan dan goreng hingga matang.

Manfaat Kesehatan Ubi Ungu

Selain dapat dijadikan donat yang unik, ubi ungu juga memiliki berbagai manfaat kesehatan sebagai berikut.

Memperlancar peredaran darah

Pada ubi ungu, terdapat pigmen antosinin yang dapat berfungsi sebagai antioksidan pada tubuh. Berperan sebagai penyerap zat-zat beracun yang ada pada polusi udara, dan juga dapat mencegah pembekuan darah, sehingga dapat memperlancar peredaran darah.

READ:  10 Variasi Omelet di Berbagai Negara

Memperlancar pencernaan

Ubi ungu kaya akan serat dan pectin yang dapat melancarkan pencernaan, sehingga penyakit semacam sembelit dapat dihindari dan wasir dapat dicegah.

Mengatasi Inflamasi

Beta karoten, vitamin C, dan magnesium yang terkandung pada ubi ungu berfungsi sebagai obat dari inflamasi, sehingga mengonsumsi ubi ungu dapat membantu mengatasi inflamasi atau peradangan luar maupun dalam.

**

Itulah resep donat ubi ungu dan manfaat yang terkandung di dalam ubi ungu. Bagaimana, tertarik untuk beralih dari donat kentang ke donat ubi ungu? Silakan mencoba.