4 Metode Penghapusan Tatto

Loading...

Menghilangkan tattoMenghilangkan tatto

Akhir-akhir ini memang banyak orang yang memutuskan untuk mentatto salah satu bagian tubuh mereka. Namun tak sedikit juga yang berusaha untuk menghapus atau menghilangkannya.

Ada beberapa alasan mengapa mereka ingin menghilangkan tatto tersebut. Masalah pekerjaan misalnya yang tidak memperbolehkan mereka untuk memiliki tatto.

Simak artikel berikut untuk mengetahui cara-cara atau metode apa saja yang bisa digunakan untuk menghapus tatto di tubuh.

Laser

Operasi laser dianggap sebagai salah satu metode terbaik penghapusan tato. Dalam metode ini, pertama-tama, krim atau gel diaplikasikan pada kulit untuk membuatnya mati rasa (anastesi).

Setelah itu, sinar laser diarahkan pada kulit yang bertatto. Tinta akan menerobos masuk ke dalam fragmen kecil, yang dikeluarkan oleh sel-sel pemulung (sistem kekebalan) tubuh.

Namun, laser harus di lakukan secara berulang agar tatto benar-benar bisa hilang.

Intense Pulsed Light Therapy

Yang terbaru serta salah satu metode yang paling populer penghapusan tato,  adalah Intense Pulsed Light Therapy (IPL).

Hal ini hampir seperti terapi laser, satu-satunya perbedaan adalah bahwa di IPL, bukan laser, cahaya berintensitas tinggi digunakan untuk memecah tinta menjadi fragmen kecil.

READ:  Cara Aman Menghapus Tatto di Rumah

Metode ini diyakini lebih menyakitkan daripada terapi laser namun jauh lebih efektif juga. Menghilangkan tatto dengan metode IPL juga cukup mahal.

Bedah eksisi

Metode eksisi untuk penghapusan tato lebih bermanfaat bila daerah tubuh yang bertatto relatif kecil. Meskipun digunakan dalam kasus tatto yang lebih besar juga, dalam kasus itu, seluruh prosedur harus dilakukan secara bertahap.

Dalam metode ini, anestesi lokal diterapkan untuk mematikan rasa pada area yang bertatto,  setelah itu tatto akan dihapus dengan pisau bedah lalu dijahit. Metode eksisi membantu dalam penghapusan lengkap tato dengan resiko perdarahan yang minimal.

Dermabrasi

Dermabrasi adalah satu lagi metode yang efektif untuk melakukan penghapusan tatto. Metode tertentu melibatkan pembekuan bagian tatto, dengan penyemprotan dengan solution (semacam cairan).

Setelah terjadi pembekuan di daerah yang disemprot, alat abrasive digunakan untuk menghapus. Setelah itu, daerah tersebut diperban. Lapisan kulit baru direnovasi, yang menggantikan kulit setelah beberapa saat, untuk mendapatkan kulit yang halus.

(photo: bodyregenerationclinic.co.uk)