Yuk Ketahui 5 Manfaat Manis si Asin Garam untuk Kecantikan!

Loading...

Garam untuk KecantikanPernah mendengar kalau bumbu dapur yang satu ini ternyata bermanfaat bagi perawatan kecantikan tubuh? Ya, garam ternyata menyimpan banyak manfaat manis di balik rasa asinnya.

Penggunaan garam dalam perawatan tubuh sebenarnya bukan lagi hal baru. Beberapa tempat spa sudah memanfaatkan garam untuk beberapa proses seperti pijat tubuh, perawatan kaki dan tangan hingga body scrub.

Bahkan artis papan atas seperti Victoria Beckham dan Gwyneth Paltrow masih melakukan perawatan tubuh secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami dan salah satunya adalah garam.

Tektur garam yang berbutir dan cukup keras namun tak terlalu tajam membuat garam sering dimanfaatkan sebagai bahan scrub. Namun tidak semua jenis garam dapat dimanfaatkan. Garam yang bertekstur sedikit besar seperti garam Inggris dapat menjadi pilihan yang tepat, begitu pula garam yang belum diproses banyak dan tidak berbutir sangat halus seperti tepung.

Mau tahu apa saja manfaat garam bagi perawatan kecantikan? yuk simak ulasan dari kami!

1. Rasa Capek pada Kaki

Jika aktivitas harian yang melelahkan juga membuat kaki anda terasa pegal hingga linu, anda dapat memanfaatkan garam untuk membuatnya rileks.

READ:  6 Tips Memutihkan Wajah Secara Alami

Siapkan air hangat dan masukkan garam hingga larut. Rendam kaki selama beberapa menit. Saat kaki direndam, anda pasti sudah dapat merasakan sensasi rileks pada kaki.

2. Mata Lelah

Mungkin anda telah mendengar beberapa bahan alami untuk mengatasi mata lelah akibat aktivitas harian maupun kurang tidur.

Anda juga dapat memanfaatkan garam dengan cara melarutkan 1/4 sendok teh garam ke dalam 1/2 liter air hangat. Basuh mata dalam kondisi terutup dengan larutan air garam tadi untuk melemaskan otot sekitar mata.

Bagi anda yang memiliki kantung mata akibat kurang tidur dan kelelahan, anda juga dapat menggunakan  larutan air garam yang sama dengan cara mencelupkan kapas ke dalamnya (usahakan tidak terlalu basah) dan kompres mata gembung beberapa saat sambil berbaring dan rileks.

3. Scrub Wajah

Menggunakan garam untuk scrub pada kulit wajah sangat dianjurkan untuk mengatasi kulit wajah yang kasar dan juga mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit.

Campurkan  sekitar 1 sendok teh garam dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan kulit wajah dengan cara memijat dan menggosok perlahan pada kulit wajah dan leher, bilas dengan mencuci wajah dengan sabun, keringkan.

READ:  Manfaat Air Asin untuk Kesehatan

Cara ini juga dapat anda gunakan untuk mengangkat sisa riasan pada kulit wajah, karena minyak zaitun dapat bekerja baik menghapus riasan tanpa membuat kulit wajah menjadi kering.

4. Menghaluskan Tumit

Bagian tumit kaki seringkali mengalami masalah seperti kasar hingga pecah-pecah. Untuk merawat dan mencegah kulit pada tumit kaki pecah-pecah, anda dapat mencoba perawatan dengan garam.

Caranya, rendam kaki dalam air hangat untuk melembutkan kulit pada tumit. Gunakan garam dengan cara menggosoknya pada tumit dibantu dengan menggunakan sikat maupun batu apung. Setelah itu, keringkan tumit dan olesi dengan lotion khusus kaki.

5. Kulit Berminyak

Bagi anda yang memiliki masalah kulit wajah berminyak, anda dapat mencoba menggunakan garam dengan cara mengisi botol spray kecil dengan air hangat yang telah dicampur dengan satu sendok teh garam.

Semprotkan pada wajah, tepuk tepuk dan keringkan dengan handuk bersih. Cara ini dapat mengatasi kulit wajah berminyak.

***

Ternyata manfaat garam untuk kecantikan kulit wajah maupun tubuh cukup banyak. Selamat mencoba!