7 Tips Membeli Bra yang Tepat dan Sehat

Loading...

Bagi para wanita, urusan memilih bra atau BH tidak semudah memilih item pakaian lainnya. Bra atau BH yang digunakan untuk menopang payudara menjadi sangat penting dalam pemilihannya karena payudara adalah bagian tubuh lembut dan sensitif.

Memilih bra yang tidak tepat dapat menyebabkan beberapa masalah. Selain masalah kenyamanan saat pemakaian, bra yang tidak tepat dapat pula menyebabkan gangguan kesehatan pada payudara.

Bra yang terlalu ketat misalnya, dapat membuat payudara tertekan dan membuat aliran darah menuju payudara tidak lancar, sehingga rawan iritasi. Begitu pula jika bra terlalu longgar, payudara tidak tertopang secara baik dan dapat menyakitkan saat kita beraktivitas.

Karena sangat penting menggunakan bra yang tepat, pastikan anda memilih bra dengan jeli. Berikut tips dari kami untuk memilih bra yang tepat dan sehat.

1. Mencoba sebelum Membeli

Tampilan bra yang bagus dan dirasa nyaman saat kita memegangnya tidak menjamin bra tersebut juga nyaman saat digunakan. Cobalah bra tersebut sebelum anda membelinya.

Dengan mencobanya, anda akan tahu apakah bra tersebut nyaman dikenakan, apakah detil pada kainnya tidak mengganggu/gatal, apakah talinya tidak sakit ataupun cukup kuat, dan lain sebagainya.

READ:  Masalah Kulit Akibat Jeans Yang Terlalu Ketat

Hindari dengan mudahnya percaya pada suatu merk atau tampilan bra tertentu karena dapat terasa sangat berbeda jika dikenakan.

2. Ukuran Payudara

Tentu saja, mengetahui ukuran payudara sangat penting dalam memilih bra. Terkadang kita selalu berpikiran bahwa ukuran payudara tidak akan berubah. Padahal, berat badan juga dapat mempengaruhi ukuran payudara.

Ukuran bra dapat diketahui dengan mengukur lingkar tubuh bagian dada. Ukuran lingkar dada tersebut dapat dinyatakan dalam angka misalnya 32, 34, 36 (standar AS) maupun 70,75,80 (Eropa/Internasional).

Sedangkan besar payudara atau cup biasa dinyatakan dalam huruf yaitu A, B, C dan seterusnya. Selain mengetahui ukuran payudara, saat membeli bra sebaiknya pertimbangkan pemilihan waktunya. Saat sedang hamil, menyusui maupun menstruasi misalnya, ukuran payudara membesar dan berarti kita dapat menggunakan bra yang berukuran lebih besar pula.

3. Bahan

Bra berbahan katun atau serat mikro sangat dianjurkan karena selain nyaman digunakan, kedua bahan ini lentur dan mengikuti bentuk tubuh, Selain itu, bahan yang berpori juga dapat membuat sirkulasi udara lancar.

Belilah bra ketika beberapa bra yang anda miliki sudah tidak lentur, kaku, kawatnya rusak dan lain sebagainya. Pilih pula bahan yang menyerap keringat jika anda sering beraktivitas di lapangan dan mudah berkeringat.

READ:  Contoh dan Model Gaun Pengantin 2013

4. Tali Bra

Tali bra juga sangat mempengaruhi rasa nyaman pada bra saat digunakan. Pilihkan tali bra yang berbahan nyaman, tidak terlalu kecil maupun terlalu besar. Beberapa tali bra yang tersambung dengan cup bra dengan terjahit, juga baik dikenakan karena tali tak mudah lepas.

Bra dengan tali yang tersambung dengan kawat/pengunci juga praktis karena dapat anda lepas sewaktu anda menggunakan baju tertentu yang didesain tanpa tali bra yang terlihat.

5. Bra cup

‘Mangkuk’ bra juga perlu diperhatikan. Beberapa cup ada yang berbusa tipis maupun tebal, atau yang dikenal dengan push up bra karena dapat membuat payudara terlihat terangkat dan padat.

Pilih yang nyaman ketika dikenakan karena ada beberapa cup yang terasa ‘mencengkram’ saat digunakan dan tidak nyaman.

6. Warna

Tips Membeli BraPemilihan warna sangat tergantung dengan selera dan warna favorit kita. Tak hanya itu, sebaiknya anda juga mempertimbangkan baju yang sering anda gunakan sehari-hari.

Pilih warna-warna netral seperti coklat muda, abu-abu hingga krem untuk anda yang sering mengenakan pakaian berwarna terang. Bra dengan warna hitam juga wajib dimiliki saat kita mengenakan pakaian berwarna gelap.

READ:  Cara Memperbesar Payudara Secara Alami

7. Bra Khusus Olahraga

Ya, jika anda gemar berolah raga, pilih bra yang memang didesain khusus untuk aktivitas olah raga. Bra sport biasanya terlihat seperti kaos ketat yang  berbahan katun dan menyerap keringat. Selain itu, bra yang satu ini juga menjaga goyangan payudara tanpa membuatnya tertekan.

***

Itulah tips dari kami untuk memilih bra yang tepat dan sehat. Pertimbangkan membeli bra berdasarkan fungsi dan rasa nyaman saat dikenakan. Semoga bermanfaat!