Berani Mengakui Kesalahan dalam Perawatan Kecantikan Berikut Ini?

Loading...

Kesalahan dalam Perawatan KecantikanPernahkan anda mengeluh tentang jerawat yang muncul pada wajah ketika bangun tidur? Atau kulit yang terlihat kusam dan kering walau anda sudah berusaha merawatnya dengan baik?

Sungguh menyebalkan memang, saat kita sudah membersihkan riasan sebelum tidur atau rajin mencuci muka dan masalah kulit wajah selalu muncul. Kita pun berpikir apa yang salah?

Merawat kulit wajah agar terlihat bersih dan sehat memang tak selalu mudah. Kita sudah memberinya pelembab, menggunakan krim wajah yang sesuai dengan jenis kulit, hingga perawatan kecantikan lainnya.

Tapi tahukah anda bahwa hal-hal kecil seperti kebersihan tangan, kebersihan rambut, aktivitas hingga makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh pada perawatan kulit wajah? Begitu pula pada kulit pada tubuh kita yang sering kering.

Tanpa kita sadari, kita banyak melakukan ‘dosa’ yang tidak terlihat, pada kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Berani mengakuinya? Yuk simak ulasan dari kami berikut ini.

1. Pemakaian Krim yang Tumpang Tindih

Pernahkan anda bertanya-tanya kapan harus menggunakan krim tabir surya, pelembab harian hingga krim anti jerawat? Sebelum atau setelah pelembab? Tanpa atau dapat digabungkan dengan krim lainnya?

READ:  6 Tips Untuk Makeover yang Sempurna!

Menurut artikel dari situs majalah Women’s Health, untuk memudahkan urutan pemakaian krim-krim tersebut, mulailah dari krim yang bersifat merawat dan bukan merias. Saat menggunakan krim anti jerawat misalnya, aplikasikan terlebih dahulu sebelum anda menggunakan krim lainnya.

2. Jari Tangan yang ‘Nakal’

Akuilah, kita sering mengatasi masalah pada kulit wajah dengan jari tangan karena gemas dan kesal. Jerawat misalnya, sekecil apapun itu yang membuat kulit wajah terasa tidak halus, sering kita garuk atau pencet dengan harapan jerawat akan hilang.

Padahal, dengan melakukan hal tersebut, kita semakin memperparah jerawat dan yang ada adalah luka, iritasi atau goresan pada wajah yang akan membekas.

Kita juga sering memegang wajah dengan tangan yang tidak bersih. Kulit wajah memiliki pori-pori dengan kondisi yang berbeda di setiap orang. Memegang wajah dengan tangan yang kotor akan membuat pori-pori tersumbat, dan menimbulkan masalah pada kulit.

Maka dari itu jagalah kebersihan tangan dengan membawa cairan antiseptik atau memegang tangan dengan tisu yang bersih.

3. Sarung Bantal yang Kotor

Mungkin kita tak menyadari jika sarung bantal cepat menjadi kotor dan harus diganti secara rutin. Kita sering menempelkan wajah pada bantal ketika tidur dan kuman pun dapat bersarang di sana.

READ:  5 Keuntungan Ibu Melahirkan Secara Normal

Jangan heran jika jerawat kecil sering muncul saat bangun tidur. Gantilah sarung bantal anda dengan rutin.

4. Aplikasi Pelembab Wajah yang Salah

Melembabkan wajah dengan menggunakan pelembab terdengar sangat simpel, hanya dengan mengoleskannya pada wajah. Namun tahukan anda bahwa proses mengaplikasikan pelembab pada wajah juga mempengaruhi terawatnya kulit?

Ketika anda menggunakan pelembab, tunggu sebentar dan biarkan pelembab meresap dengan baik ke dalam kulit. Jangan gunakan alas bedak atau bedak sesaat setelah menggunakan pelembab, terutama jika pelembab tersebut belum sepenuhnya kering.

Sambil menggunakan pelembab, anda juga sebaiknya memijat kulit wajah anda perlahan dan oleskan dengan sempurna hingga ke bagian dekat telinga hingga leher.

5. Menggunakan Riasan Kemanapun

Memakai riasan memang membuat kaum wanita menjadi percaya diri. Namun ada kalanya kita tidak perlu menggunakan riasan. Saat pergi ke gym misalnya, usahakan tidak menggunakan riasan karena dengan kondisi badan dan wajah yang berkeringat, kita akan memperparah kondisi kulit wajah yang ‘tercampur’ dengan riasan

Saat perjalanan jauh misalnya, ada baiknya juga untuk tidak menggunakan riasan, namun cukup dengan pelembab wajah dan bibir saja.

READ:  7 Perawatan Kecantikan 'Do-It-Yourself'

6. Ritual Mandi

Mandi ternyata juga perlu perhatian khusus jika anda ingin merawat kulit tubuh dengan baik. Saat mandi, hindari menggunakan air hangat terlalu lama karena akan menyebabkan kulit kering. Begitu pula saat menyabun, pastikan tidak ada anggota tubuh yang terlewat, gosok juga menggunakan spons atau puff di area seperti siku dan lutut.

Sesaat setelah mandi, sebaknya gunakan lotion pada tubuh secepatnya karena setiap detik, kelembaban kulit dapat berkurang.

***

Bagaimana? Apakah anda melakukan beberapa poin tersebut di atas? Mulailah merawat kecantikan wajah dan tubuh dengan baik dan rasakan hasilnya. Semoga bermanfaat!