3 Tips Membentuk Otot Lengan di Rumah

Loading...

Membentuk Otot Lengan di RumahOtot lengan yang besar dan kuat tentu akan sangat bermanfaat bagi anda terutama pria.

Anda akan menjadi semakin percaya diri dan dapat pula menunjang berbagai aktivitas anda. Maka tak salah, jika otot lengan yang besar dan kuat menjadi idaman bagi para pria.

Latihan otot lengan terutama bisep biasanya dilakukan secara tradisional dengan menggunakan dumbbells, barbel atau mesin kabel.

Namun satu halangan besar yang menghalangi ambisi anda memiliki otot lengan idaman adalah karena anda malas ke luar rumah untuk ke gym.

Oleh sebab itu anda dapat menyimak artikel ini untuk menyiasati rasa malas tersebut yakni dengan latihan di rumah walaupun tidak tersedia alat-alat kelengkapan gym yang dapat anda gunakan untuk latihan.

Peran utama dari otot bisep Anda adalah untuk melenturkan siku Anda, seperti ketika Anda melakukan bycep curl. Pelatihan bisep tanpa menggunakan peralatan bisa menjadi suatu tantangan, tetapi tentu saja dengan kombinasi latihan yang tepat, Anda dapat membentuk bisep yang lebih besar dan kuat di rumah.

READ:  Apa itu Alergi Kafein?

Berikut ini beberapa tips dari livestrong.com:

Kontraksi Bisep Statis

Kontraksi statis dapat dilakukan dengan menahan beban dalam posisi tetap, daripada anda mencoba untuk mengangkat atas dan ke bawah seperti pada saat mengangkat dumbell.

Anda perlu menggunakan bobot yang jauh lebih berat daripada yang Anda akan gunakan untuk latihan konvensional, ujar Pete Sisco, seorang trainer.

Biasanya ini akan melibatkan barbell dengan bobot sekitar dua kali lipat berat badan Anda sehingga anda akan meringkuk dan berusaha sekeras yang Anda bisa untuk mengangkatnya menggunakan bisep sehingga terjadi kontraksi pada bisep, tetapi ada alternatif tanpa peralatan.

Coba cari benda berat di sekitar rumah seperti meja makan atau sofa dan tempatkan tangan Anda di bawah dengan telapak tangan menghadap ke atas. Kemudian, coba lakukan bycep curl. Objek tidak akan bergerak,  tapi Anda akan merasakan ketegangan pada otot bisep Anda. Sisco merekomendasikan untuk menahan setiap kontraksi selama 5 sampai 10 detik.

Push Up

Pushup adalah gerakan yang melibatkan dada, bahu dan trisep, tetapi dengan beberapa siasat Anda dapat membuat bisep Anda bekerja. Bisep Anda bekerja untuk menstabilkan sendi siku Anda selama push-up dan membantu untuk mengontrol fase ke bawah setiap pengulangan (repetisi).

READ:  Keuntungan Mempelajari Bilingualisme Bagi Anak

Daripada melakukan push-up normal, buat fase menurun ke bawah dari posisi atas ke bawah jauh lebih lambat dan benar-benar fokus pada meremas bisep Anda dengan keras . Untuk membuat ini lebih keras, pindahkan kaki anda pada tempat yang lebih tinggi, angkat kaki Anda di kursi dan coba untuk menghitung sampai 10 saat menurunkan diri.

Chin – Ups

Chin – up dan pull – up keduanya adalah gerak latihan bisep yang efektif bergerak. Untuk chin- up, carilah bar dan pegang bar dengan pegangan sempit dan telapak tangan menghadap ke arah Anda, atau balikkan pegangan Anda dan perluas tangan Anda untuk pull- up.

Lakukan 4-5 set setiap latihan bisep dan gabungkan latihan Anda dengan latihan lain untuk trisep, dada, bahu dan punggung. Untuk membuat sesi Anda lebih efektif, sebaiknya memang anda harus mempertimbangkan untuk membeli beberapa peralatan untuk digunakan di rumah.

(Foto: angrytrainerfitness.com)