Tips Membersihkan Sepatu Kain Beludru Kesayangan Anda

Loading...

Sepatu dengan kain beludru adalah cara yang sempurna untuk menambahkan kesan mewah, drama, dan romansa untuk padupadan pakaian Anda.

Kain beludru sebagai salah satu kain yang paling indah dan elegan, tetapi beludru juga merupakan salah satu jenis kain yang paling sulit untuk tetap bersih dan dalam kondisi yang baik.

Untuk alasan ini, kebanyakan orang tidak memakai pakaian beludru atau sepatu beludru setiap hari. Bahkan jika anda hanya memakai sepatu beludru Anda pada acara-acara khusus, sepatu beludru tersebut tentu masih perlu dibersihkan.

Membersihkan Sepatu Kain Beludru

Beludru serupa dengan sutra, merupakan kain mewah yang memerlukan perawatan khusus untuk menjaganya tetap tampak cantik. Beludru atau lebih dikenal dengan velvet lebih dapat mentolerir metode pembersihan daripada sutra halus, tetapi masih membutuhkan perawatan khusus pada saat pembersihan untuk menjaga tekstur yang lembut dari kain tersebut.

Beludru memiliki tekstur khusus dan perawatan khusus pula, yang terbaik adalah untuk membiarkan para profesional yang membersihkannya. Namun jika Anda memutuskan untuk mencobanya sendiri, dan jika Anda tidak bisa pergi ke dry clean  untuk membersihkan sepatu beludru Anda, ada beberapa pilihan yang dapat Anda coba di rumah.

READ:  Hipotiroid Selama Kehamilan

Tips Membersihkan Sepatu Beludru

Jika Anda mendapatkan sepatu beludru Anda kotor, berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membersihkannya dari ehow.com:

  1. Satu hal yang harus diingat dalam membersihkan beludru adalah hindari beludru dalam keadaan terlalu basah saat membersihkan. Semakin kering metode yang digunakan, lebih baik.
  2. Anda dapat menggunakan vacuum untuk menghapus sebanyak mungkin kotoran dan debu.
  3. Gosok dengan ringan kain beludru dengan sikat gigi yang kering dan lembut. Anda dapat menggosok kotoran atau daerah bernoda berulang kali, tetapi jangan menggosok terlalu keras pada bagian sepatu lainnya yang tidak kotor atau dihinggapi noda. Anda dapat mengetahui jika Anda menggunakan tekanan yang tepat jika bulu sikat gigi yang anda gunakan hanya sedikit membungkuk saat Anda menggosok sepatu beludru. Jika scrubbing kering tidak cukup untuk membersihkan sepatu, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  4. Campur sedikit sabun cuci cair ringan dalam tabung atau gelas dengan air. Aduk  air dan sabun dengan gagang sikat gigi sehingga muncullah busa-busa. Agar proses membersihkan menjadi semakin mudah maka anda dapat menggunakan air hangat suam-suam kuku.
  5. Ambil beberapa busa ke bulu sikat gigi Anda dan gosokkan sikat tersebut ke noda pada sepatu beludru. Jangan sampai sepatu terlalu basah dan jangan menggosoknya terlalu keras.
  6. Gunakan teknik scrubbing yang sama seperti yang Anda lakukan pada Langkah 1 untuk membersihkan sepatu beludru menggunakan busa. Berhenti setelah beberapa menit dan bersihkan sepatu dari busa.
  7. Keringkan dengan sponge atau kain bersih. Biarkan sepatu selama sekitar 20 menit, dan lihat apakah noda masih ada atau tidak. Jika masih ada, gosok sepatu kembali dengan sikat dan busa. Terus lakukan ini sampai sepatu beludru bersih.
READ:  6 Tips Merawat Sepatu : Beda Jenis, Beda Cara Membersihkannya

Tips lainnya dari howtocleanstuff.net adalah:

  1. Periksa petunjuk perawatan dan memastikan metode pembersihan yang Anda pilih adalah aman untuk jenis beludru Anda gunakan.
  2. Jika ragu, serahkan kepada para profesional. Sutra dan beludru merupakan investasi yang bernilai yang menuntut anda untuk mengurusnya dengan benar. Ketika memilih seorang profesional tanyakan secara langsung kepada mereka apa pengalaman mereka dengan jenis bahan yang Anda miliki untuk memastikan mereka memenuhi syarat.

Itulah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk membersihkan dan merawat sepatu beludru Anda. Semoga bermanfaat.

(Foto: etsy.com)