5 Cara Sederhana Turunkan Tekanan Darah

Loading...

5 Cara Sederhana Turunkan Tekanan DarahTekanan darah tinggi merupakan masalah umum yang dapat menyebabkan aneka penyakit lain yang pada akhirnya akan mengancam kehidupan Anda.

Penyakit-penyakit yang bisa muncul sebagai konsekuensi tekanan darah tinggi dalam waktu tertentu seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit kardiovaskular.

Tekanan darah tinggi mempengaruhi 1 dari setiap 3 orang dewasa. Menurut Mayo Clinic, efek tekanan daah tinggi (hipertensi) bagi tubuh bisa saja sangat bervariasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Merusak arteri
  • Merusak jantung
  • Merusak otak
  • Merusak ginjal
  • Merusak mata
  • Disfungsi seksual
  • Hilangnya kepadatan tulang
  • Sulit tidur

Tekanan darah tinggi biasanya merupakan kondisi kronis yang secara bertahap menyebabkan kerusakan selama bertahun-tahun. Dalam beberapa kasus,tekanan darah meningkat begitu cepat sehingga menyebabkan keadaan darurat medis yang membutuhkan perawatan segera.

Obat-obatan telah lama digunakan untuk pengobatan, tetapi beberapa cara sederhana dapat dengan mudah mengobati dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Metode terjangkau ini meliputi olahraga, manajemen berat badan, dan perubahan gaya hidup yang dapat mengontrol hipertensi. Kami percaya gaya hidup sehat dapat mencegah dan melawan hipertensi.

READ:  Booster ASI Alami Tetap Yang Terbaik

1. Olahraga teratur

Olahraga teratur merupakan metode yang efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Setidaknya olahraga selama 30 hingga 60 menit beberapa kali seminggu dianjurkan. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan darah 4-9 mmHg.

Pasien yang menderita hipertensi harus secara teratur terlibat dalam beberapa aktivitas fisik, dan pasien prehipertensi harus berolahraga untuk menghindari terkena hipertensi. Olahraga juga membantu mengurangi berat badan ekstra yang dapat menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

2. Kurangi asupan alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Konsumsi harian satu minuman untuk wanita dan tidak lebih dari dua minuman untuk laki-laki dianggap memadai. Jika melebihi tingkat ini dapat menyebabkan hipertensi.

3. Kurangi berat badan ekstra

Peningkatan berat badan dapat menyebabkan hipertensi. Mengurangi hanya sepuluh kilogram dari berat badan dapat membantu mengurangi tekanan darah. Pinggang merupakan indikator yang baik dari berat badan.

Berat badan ekstra di sekitar pinggang dapat meningkatkan resiko hipertensi. Semakin banyak penurunan berat badan seseorang, semakin rendah tekanan darah. Latihan dan kontrol diet biasanya berjalan beriringan untuk mencegah hipertensi.

READ:  Mengapa Diet Ekstrim Buruk bagi Sistem Reproduksi?

4. Kurangi asupan natrium (garam)

Asupan natrium yang lebih rendah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mengurangi asupan natrium 2-8 miligram dalam diet akan menguntungkan. Anda dapat membatasi asupan natrium harian 2.300 miligram atau kurang dari itu. Bagi orang dengan usia 51 tahun atau lebih, konsumsi harian yang direkomendasikan adalah 1.500 miligram atau kurang.

5. Hindari stres

Stres merupakan penyebab dari beberapa penyakit. Hal ini juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Kecemasan dan stres dapat menyebabkan peningkatan sementara tekanan darah.

Anda harus mencoba untuk menghindari situasi stres. Latihan pernapasan merupakan cara terbaik untuk mengatasi stres. Latihan dan meditasi mengurangi hipertensi. Pasien tekanan darah tinggi harus mencari bantuan dari seorang konselor profesional.