5 Tips Cara Menyeimbangkan Dunia Kerja dan Kehidupan Sosial

Loading...

Menyeimbangkan Dunia Kerja dan Kehidupan SosialBanyak orang yang merasa sangat sulit untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara karir mereka dan kehidupan sosialnya.

Dalam dunia yang kompetitif ini, Anda bisa bertahan dalam profesi hanya ketika Anda memberikan yang terbaik untuk kerjaan Anda, tetapi tidak dengan melupakan  kehidupan sosial Anda.

Berikut adalah beberapa tips mengenai bagaimana Anda dapat menyeimbangkan karier dan kehidupan sosial Anda agar lebih selaras.

1. Membuat Jadwal

Sebuah jadwal dapat menjadi batas-batas untuk berapa lama Anda dapat terus melakukan suatu hal. Buatlah jadwal dan pastikan bahwa Anda membagi jam sesuai dengan pekerjaan dan kegiatan sosial. Ini bisa menjadi jadwal harian atau jadwal mingguan, Anda tinggal menyesuaikan.

Jadilah pasti bahwa Anda melakukan pengaturan jadwal yang tepat untuk keduanya yaitu pekerjaan Anda dan kehidupan sosial Anda.

2. Mengatur Waktu

Nah, membuat jadwal memang sedikit mudah, tetapi bagaimana dengan mengaturnya. Anda harus mampu mengatur waktu Anda dengan benar dan memastikan bahwa Anda dapat menyelesaikan kegiatan sosial atau pekerjaan Anda sesuai waktu yang diberikan. Ikuti to-do list atau catatan kegiatan yang telah dibuat untuk membantu Anda tetap tertib.

READ:  Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Bagi Karyawan 'Berumur'

Belajarlah untuk mengelola waktu dengan bijak maka akan membantu Anda menjaga keseimbangan yang tepat antara karir dan kehidupan sosial.

3. Prioritaskan

Ketika Anda dihadapkan pada dua situasi yaitu antara menghadiri acara sosial atau menyelesaikan pekerjaan di tempat kerja, maka prioritaskanlah sesuai dengan situasi dan kondisi yang Anda hadapi. Pelajari baik-baik mana yang harus Anda dahulukan.

Kadang-kadang, tidak apa-apa untuk menunda pekerjaan jika memang acara sosial tersebut sangat penting dan banyak melibatkan Anda namun terkadang Anda harus melewatkan acara sosial untuk memenuhi pekerjaan Anda yang sudah dikejar deadline. Pastikan bahwa Anda memprioritaskan dengan melihat kondisi dan situasi dari keduanya.

4. Jangan Jadi Workaholic

Nah, jika Anda terus-menerus berada di bawah tekanan kerja dan tidak dapat mengambil waktu untuk hal lain, sekarang saatnya untuk Anda mengatur ulang sikap kerja Anda.

Hindari menghabiskan terlalu banyak waktu  di tempat kerja. Kumpulkan keberanian untuk mengatakan ‘Tidak’ untuk tugas ketika Anda merasa sudah cukup, lelah atau bosan. Jangan paksa diri Anda untuk terus bekerja sehingga menjadikan Anda seorang workaholic.

Sayangi diri Anda dengan menghadiahkan diri sendiri sebuah liburan berkesan untuk mengganti waktu yang sudah tersita karena pekerjaan. Berlibur bersama keluarga, pasangan atau teman dapat menjadi salah satu cara menyeimbangkan kehidupan sosial dengan pekerjaan Anda.

5. Hindari Membuang Waktu

Ada beberapa kegiatan yang membuang-buang waktu Anda dan sama sekali tidak menambah nilai hidup Anda. Usahalan untuk terlibat dalam sebuah kegiatan yang bermakna sehingga akan menghasilkan sesuatu untuk diri dan kehidupan Anda.

**

Demikian beberapa tips menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan sosial Anda. Bekerja terus menerus akan menjauhkan Anda dari kehidupan sosial dan melakukan kehidupan sosial terus menerus akan membuat pekerjaan Anda terbengkalai.

Sesuaikanlah, seberapa penting dan atur waktu dengan baik akan menjadi kunci penyeimbang. Anda membutuhkan pekerjaan dan juga kehidupan socsial Anda. Semoga bermanfaat.