Pencegahan dan Saran Atasi Buang Air Besar Berdarah Selama Kehamilan

Loading...

wasirDalam situs, thebump.com disebutkan bahwa perdarahan rektum biasanya disebabkan oleh wasir, akibat pembuluh darah di daerah rektal yang telah mengalami pembengkakan.

Wasir relatif umum terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester terakhir dan dalam minggu-minggu setelah melahirkan. Jika Anda mengedan saat buang air besar, mengeluarkan tinja dengan keras, pembuluh darah yang bengkak ini mungkin berdarah.

Fisura anus adalah penyebab lain dari perdarahan rektum. Terdapat semacam retak menyakitkan di kulit anus dapat disebabkan oleh tinja yang keras sebagai akibat dari sembelit, yang umum terjadi selama kehamilan.

Anda harus memberitahu dokter terkait pendarahan Anda. Jika Anda melihat darah di toilet atau celana Anda, kadang-kadang bisa sulit untuk mengetahui apakah darah tersebut berasal dari rektum atau daerah intim anda. Nah, dalam hal inilah dokter Anda dapat mengetahuinya.

Perdarahan yang disebabkan oleh wasir dan celah anal biasanya berhenti sendiri, terutama jika Anda membuat perubahan untuk mengobati sembelit. Jika Anda mencoba langkah-langkah di bawah ini dan perdarahan berlanjut atau Anda memiliki sakit parah, Anda mungkin harus dirujuk ke dokter spesialis untuk perawatan.

READ:  Jangan Biarkan BAB yang Disertai Bercak Darah!

Pencegahan Sembelit

Wasir sering dibawa akibat sembelit. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah dan mengurangi sembelit :

  1. Makan makanan tinggi serat seperti sereal, roti gandum, dan buah-buahan segar dan sayuran setiap hari. Tambahkan beberapa sendok makan dedak gandum yang belum diproses (tersedia di toko makanan kesehatan) ke sereal Anda di pagi hari dan mengikutinya dengan segelas air.
  2. Minum banyak air antara enam sampai delapan gelas sehari. Segelas jus buah setiap hari, terutama jus prune, juga dapat membantu.
  3. Berolahraga secara teratur. Berjalan, berenang, dan yoga dapat membantu memudahkan mengatasi sembelit dan membuat Anda merasa lebih bugar dan sehat.
  4. Dengarkan tubuh Anda. Jangan pernah menunda pergi ke kamar mandi ketika Anda merasakan dorongan untuk buang air besar.
  5. Tanyakan penyedia layanan kesehatan Anda tentang mengambil suplemen serat.

Saran untuk Meringankan Wasir

Dan berikut adalah beberapa saran tambahan untuk mencegah dan meringankan wasir :

Lakukan latihan kegel setiap hari:  Lakukan dengan menegangkan otot-otot sekitar daerah intim dan anus dan tahan selama delapan sampai sepuluh detik sebelum melepaskan dan lakukam relaksasi. Ulangi 25 kali.

READ:  Mengenal Testosteron dan Estrogen pada Wanita

Latihan Kegel meningkatkan sirkulasi di daerah dubur dan memperkuat otot-otot di sekitar anus, mengurangi kemungkinan wasir. Mereka juga memperkuat otot-otot sekitar daerah intim dan uretra, yang membantu dalam pemulihan postpartum.

Beberapa wanita menemukan kenyamanan dengan kompres es atau kompres dingin yang direndam dengan witch hazel, sementara yang lain menggunakan bantal pemanas.

Witch hazel itu sendiri adalah tanaman, daun, kulit kayu, dan ranting yang digunakan untuk membuat obat. Anda dapat melihat produk yang disebut witch hazel water (air Hamamelis, disuling dengan ekstrak witch hazel). Ini adalah cairan yang disuling dari daun kering, kulit kayu, dan sebagian ranting aktif dari Hamamelis virginiana.

Gunakan tissue toilet yang lembut, tidak berbau juga beraroma, tidak berwarna karena tissue jenis ini dapat mengurangi iritasi. Melembabkan tissue juga dapat membantu. Atau gunakan handuk dengan witch hazel sebagai gantinya.

(Foto: livestrong.com)