Tips Memperlancar ASI secara Alami

Loading...

Setelah dilahirkan ke dunia, ASI merupakan pasokan utama nutrisi bagi bayi. ASI seorang ibu mengandung nutrisi yang cukup bagi bayinya sehingga sang bayi dapat tumbuh dan berkembang menjadi bayi yang sehat dan kuat.

Atas dasar alasan itulah, banyak para ibu yang melakukan usaha-usaha demi memperlancar dan memenuhi nutrisi ASI-nya. Pada dasarnya ASI seorang ibu dipengaruhi oleh 2 hormon yaitu, prolaktin dan oksitosin, dimana prolaktin bertanggung jawab atas produksi ASI dan oksitosin bertanggung jawab atas kelancaran ASI.

Ada banyak cara untuk memperlancar dan meningkatkan ASI ibu. Namun ada jalur yang harus dipilih para ibu, apakah jalur yang alami atau yang non alami.

Tips Memperlancar ASI

Perlu ditegaskan sebelum membahas apa saja cara-cara alami memperlancar ASI ibu, bahwa penggunaan obat-obatan untuk memperlancar ASI ibu akan menimbulkan efek samping, entah itu bagi sang ibu, atau pun bagi sang bayi.

Berikut tips-tips memperlancar ASI secara alami.

Memenuhi Nutrisi Tubuh

Untuk tubuh kita sendiri saja tentu memerlukan nutrisi yang seimbang, apalagi jika kita harus memberikan nutrisi kepada orang lain. Karena itulah, demi mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu dan bayi, Anda harus mengonsumsi makanan-makanan dengan nilai gizi tinggi dan menjaga pola makan Anda.

READ:  Cegah Kanker Ovarium Dengan Menyusui

Ddengan menjaga asupan gizi ibu, kelancaran ASI akan tetap terjaga.

Hindari Stress

Gangguan psikologis seperti stres dapat memengaruhi hormon-hormon yang bertanggung jawab atas kelancaran ASI, sehingga dapat mengganggu kelancaran ASI dan mengurangi asupan nutrisi bagi sang bayi.

Konsumsi Daun Katuk

Daun katuk dikenal dapat membantu melancarkan ASI ibu, maka dari itu disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi sayur ini bagi ibu yang tengah dalam masa menyusui.

Perbanyak Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih yang banyak dapat membantu mengalirkan nutrisi dalam darah ke seluruh tubuh, tidak terkecuali untuk melancarkan ASI. Jadi para ibu, ada baiknya Anda mengonsumsi banyak air putih pada saat masa menyusui.

Mengonsumsi banyak air putih tidak hanya baik untuh melancarkan ASI Anda, tapi juga baik untuk kesehatan pada tubuh Anda.

**

Itulah tips-tips memperlancar ASI bagi para ibu. Perlu diketahui, ASI berpengaruh bagi kesehatan tubuh bayi. Direkomendasikan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan, kemudian pemberian ASI dilanjutkan hingga 2 tahun bersama MPASI.

READ:  Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Mulut Bayi?

Pemberian ASI eksklusif maksudnya adalah bayi Anda hanya boleh diberi ASI saja tanpa tambahan cairan lainnya misalnya saja susu formula, air jeruk, madu atau air putih.

Juga tanpa pemberian tambahan makanan padat seperti bubur susu adalah bayi hanya diberikan ASI saja selama 6 bulan, tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, dan air putih, serta tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, bubur susu, biskuit, nasi tim dan buah pisang.

Semoga bermanfaat.