5 Manfaat Tidur dalam Suasana Gelap

Loading...

Tidur merupakan suatu proses alamiah tubuh untuk mengistirahatkan sebagian kinerja organ – organnya. Selain istirahat sejenak, selama tidur juga berjalan proses penghancuran toksin dalam tubuh, serta optimalisasi berbagai hormon yang hanya bisa diproduksi ketika tubuh beristirahat dengan tidur.

Bagi sebagian orang untuk bisa mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas harus dalam suasana gelap. Dengan alasan suasana lebih tenang dan terasa lebih adem sehingga tidur lebih nyenyak. Namun sebenarnya ada banyak manfaat tidur dalam gelap.

Manfaat Tidur dalam Gelap

Tidur dalam suasana gelap terutama di malam hari ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat tidur dalam gelap tersebut antara lain :

1. Pengeluaran Hormon Melatonin

Peneliti dan ahli biologi menemukan bahwa produksi dan pengeluaran hormon melatonin terjadi ketika tubuh tidur di malam hari dalam suasana gelap. Hormon melatonin dipercaya berfungsi sebagai salah satu hormon yang menjaga kekebalan tubuh.

Pengeluaran hormon melatonin merupakan satu alasan manfaat tidur dalam gelap. Oleh karena itu disarankan untuk tidur dengan mematikan lampu atau dengan cahaya minimal ketika tidur di malam hari.

READ:  Tips Tidur Siang agar Bekerja Lebih Maksimal

2. Tidur lelap

Bagi yang merasa dengan mematikan lampu dan tidur dalam suasana gelap terasa lebih nyaman dan membuat tidur lebih lelap, hal tersebut memang benar. Tubuh menjadi lebih sensitif untuk segera memerintahkan otak ‘beristirahat’ ketika suasana gelap.

Sama seperti respon tubuh yang mengantuk ketika malam tiba.tidur nyenyak juga satu dari manfaat tidur dalam gelap. Tidur lebih lelap membantu Anda bangun lebih segar keesokan harinya.

3. Pengurangan lemak

Diketahui tidur dengan mematikan lampu ternyata bisa mengurangi lemak dalam tubuh. Walau tidak signifikan namun hasilnya bisa membantu menghindarkan Anda dari resiko kegemukan (obesitas).

Jadi ayo perangi resiko obesitas dengan manfaat tidur dalam gelap.

4. Meningkatkan kerja otak

Meski dalam keadaan tidur, otak tidak sepenuhnya diam atau beristirahat. Karena fungsi organ –organ tubuh harus terus berjalan sekalipun sedang tidur. Namun demikian sebagian fungsi tersebut beralih peran sehingga yang aktif ketika tubuh terjaga menjadi pasif ketika tubuh tidur begitu pula sebaliknya.

Ketika tidur dalam keadaan gelap ternyata ada bagian otak yang kinerjanya meningkat dan berefek mengurangi resiko pikun ketika memasuki usia lanjut.

READ:  6 Manfaat Telur Bagi Kesehatan Manusia

5. Mengurangi resiko pemanasan global

Seperti diketahui saat ini marak isu pemanasan global alias global warming. Khusus untuk isu satu ini pemadaman lampu ketika kita tidur akan membantu mengurangi peningkatan global warming.

Selain itu manfaat tidur dalam gelap juga bisa mengirit umur lampu serta menghemat biaya pemakaian listrik Anda.

**

Nah, itulah beberapa manfaat tidur dalam gelap yang bisa memberikan banyak keuntungan tak hanya bagi tubuh namun juga keuntungan secara ekonomi dan lingkungan.

Jika Anda bukan tipe orang yang suka tidur dengan mematikan lampu sebaiknya mulai membiasakan diri dengan tidur dalam gelap. Karena banyaknya manfaat tidur dalam gelap yang sayang untuk dilewatkan.

Bila perlu lakukan latihan menggunakan lampu tidur yang memiliki pencahayaan minimal sehingga ruang tidur dihiasi suasana remang – remang. Lambat laun Anda bisa mematikan lampu secara total dan tidur nyenyak dalam keadaan gelap.