Tradisi Tahun Baru yang Unik dan Menarik di Berbagai Negara

Loading...

Tahun baru merupakan sebuah perayaan yang universal dan diikuti oleh berbagai orang di banyak negara. Sejak digunakannya penanggalan Gregorian sebagai penanggalan internasional, tahun baru Masehi menjadi salah satu perayaan yang ditunggu – tunggu dan dirayakan dengan gegap gempita.

Perayaan ini juga membentuk berbagai tradisi tahun baru di setiap negara. Banyak perayaan tahun baru yang unik dan menarik berkat tradisi – tradisi tersebut.

Tradisi Tahun Baru

Yuk kita lihat apa saja tradisi tahun baru di berbagai belahan dunia lainnya.

Perayaan Tahun Baru di Skotlandia

Di Skotlandia tradisi tahun baru dimulai tanggal 31 Desember dengan festival tahunan ‘Festival of Hagmanay’. Festival ini diikuti oleh laki – laki dewasa yang berparade di jalan – jalan utama sambil membawa suluh atau obor.

Obor – obor yang dibawa oleh para peserta festival tersebut menyebabkan pemandangan unik seperti bola – bola api yang memenuhi jalanan Skotlandia dan tampak seperti bola api yang melayang – layang bila dilihat dari ketinggian.

READ:  Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru

Festival ini merupakan tradisi turun – temurun dari Bangsa Viking yang menguasai Skandinavia. Masyarakat percaya bahwa bola – bola api tersebut merupakan lambang kemurnian dan pengharapan untuk kembalinya matahari dan menghapus musim dingin agar cepat berlalu.

Perayaan Tahun Baru di Denmark

Lain lagi di negara Denmark, tradisi tahun baru di negara ini cukup unik –bila tidak dibilang kasar kalau diterapkan di negara lain.

Mengapa? Karena tradisi tahun baru disana adalah melemparkan piring ke pintu rumah tetangga hingga pecah berhamburan. Si empunya rumah pun tidak marah atas kelakuan tetangga mereka tersebut karena tradisi ini sudah meluas di masyarakat.

Mereka percaya hal tersebut bisa memberikan keberuntungan di tahun baru tersebut. Sehingga orang yang paling banyak serpihan pecahan di depan pintu rumahnya dianggap memiliki keberuntungan yang paling banyak pula di tahun tersebut.

Perayaan Tahun Baru di Mexico

Keunikan tradisi pecah piring di Denmark memang unik, namun masyarakat Mexico memiliki tradisi tahun baru tersendiri yakni ritual berbicara dengan roh. Penduduk Mexico memang memiliki keprcayaan kuat tentang adanya roh – roh di sekitar mereka, dan malam tahun baru merupakan momen yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan roh – roh tersebut.

READ:  Sains di Balik Resolusi, Bagaimana Menggapainya?

Tujuannya untuk mendapat petunjuk tentang kehidupan mereka di tahun baru tersebut. Tradisi ini juga menjadi ladang bisnis tahunan yang menggiurkan dimana bermunculan para cenayang yang menawarkan fasilitas penghubung dengan dunia roh dengan tarif rata – rata 15 US Dollar per 15 menit.

Perayaan Tahun Baru di Irlandia

Yang namanya tradisi tahun baru memang memiliki berbagai variasi dengan tingkat keunikan tersendiri. Bila di Mexico orang beramai – ramai meminta petunjuk pada roh orang mati untuk memberikan informasi kehidupannya di tahun berikutnya, maka di Irlandia ada kepercayaan tentang daun Mistletoe yang dianggap mampu mempercepat datangnya jodoh.

Tak heran saat malam pergantian tahun tiba, para wanita lajang menaruh beberapa lembar daun Mistletoe di bawah bantal masing – masing. Dengan harapan sang pujaan hati segera melamar mereka. Selain itu tradisi ini dianggap mampu menjauhkan nasib sial di tahun yang baru.

**

Bagaimana? Unik – unik bukan tradisi tahun baru di masing – masing negara? Tak hanya diisi dengan kegiatan hura – hura dan kembang api, ternyata malam pergantian tahun juga bisa dihiasi dengan berbagai tradisi sesuai kebudayaan dan kepercayaan masing – masing.