Mengintip Hidangan Kue Khas Natal di Berbagai Negara

Loading...

Natal merupakan perayaan kelahiran Yesus Kristus yang dirayakan oleh seluruh umat Kristiani di dunia. Perayaan ini identik dengan pohon Cemara yang dihiasi dengan berbagai pernak pernik serta acara tukar kado dengan teman, keluarga, maupun kerabat.

Tak lupa dongeng Santa Kalus yang kerap memberikan kado kepada anak – anak yang memiliki kelakuan baik selalu ditunggu dengan harap – harap cemas oleh anak – anak di rumah. Satu lagi yang tak boleh dilupakan adalah hidangan Natal yang lezat untuk acara kumpul keluarga di rumah.

hidangan natal

Nah seperti apa sih hidangan dan kue Natal dari berbagai negara? Yuk simak terus ulasannya.

Panettone – Milan

Yang pertama kita berkunjung ke Kota Milan. Di sana terdapat Panettone yang merupakan kue Natal yang sudah menjadi ciri khas dalam perayaan natal sekaligus menjadi lambang Kota Milan.

Kue ini berbentuk kubah dan memiliki berbagai variasi tinggi. Namun biasanya memiliki ukuran tinggi 30 sentimeter dan kerap disajikan di malam Natal. Panetton merupakan modifikasi dari fruit cake yang dibuat dari sourdoughdan diisi dengan aneka manisan jeruk, sitrun, kismis dan lemon.

READ:  3 Tips Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak

Kue Natal tersebut biasanya dipotong dalam bentuk vertikal dan dilengkapi dengan cream Mascarpone. Rasanya terasa lengkap bila disajikan dengan minuman manis seperti secangkir cokelat panas, Amaretto, atau sweet wine.

Hemm, rasanya lezat sekali sepertinya. Tak heran Panettone ini menjadi hidangan khas kue Natal di Milan.

Yule Log – Prancis

Sedangkan di Prancis memiliki tradisi membuat kue Natal dari resep tradisional yakni Yule Log yang bentuknya sengaja dimiripkan menyerupai batang kayu. Mengapa dibentuk menyerupai batang kayu? Karena batang kayu merupakan bahan utama untuk menjaga perapian tetap hangat sekaligus menjadi hiasan Natal di rumah – rumah penduduk.

Kue Natal ini juga dipercaya memberikan perlindungan terhadap kejadian kebakaran. Selain Yule Log, masyarakat Prancis juga memiliki Calendeau yang menjadi kue Natal khas di sana. Bentuknya berupa kue daging alias pie yang dipotong secara menyilang.

Cod Fish – Portugal

Lain lagi di Portugal, di negara ini disajikan kue Natal dari berbagai macam bentuk untuk mengiringi kemeriahan makan dengan menu utama Codfish alias ikan Cod. Ikan Cod memiliki kandungan minyak ikan yang tinggi sehingga memiliki berbagai manfaat menyehatkan bagi tubuh.

READ:  5 Jenis Makanan yang Harus Disajikan saat Natal

Menu ini biasanya diolah dengan direbus bersama bumbu – bumbu penyedap lainnya. Kemudian disajikan dengan kentang dan dimakan bersama dengan keluarga di Hari Natal.

Frittele – Verona

Kue Natal khas juga bisa di temukan di Verona, Italia. Di negara tersebut terdapat Frittele. Yakni berupa kue yang terbuat dari tepung beras yang diolah dengan susu dan gula. Bentuknya khas yakni bulat rata dengan taburan gula dan vanili di atasnya.

Frittele juga bisa dikombinasikan dengan olesan selai kacang atau cokelat sesuai selera. Kue ini biasanya menjadi favorit anak – anak di Hari Natal karena rasanya yang manis dan lezat.

**

Kue – kue khas Natal memang mampu membuat suasana Natal menjadi lebih berkesan. Apalagi dengan berkumpulnya keluarga bersama – sama merayakan Natal dan beribadah menyambut datangnya Yesus Kristus. Semoga Natal Anda juga diliputi berbagai kebahagiaan bersama keluarga.