5 Cara Tradisional untuk Mencegah Rambut Rontok

Loading...

Sudah terbukti dari jaman dahulu kala hingga sekarang, di seluruh dunia terutama untuk wanita-wanita Mesir, India, Thailand maupun Indonesia, rahasia keindahan rambut mereka terletak kepada beberapa tips sederhana yang selalu dengan disiplin mereka lakukan.

Perawatan rambut ini dilakukan baik secara modern dengan perawatan di salon maupun tradisional dengan penggunaan bahan alami, tyang dimaksudkan untuk menjaga kilau cantik rambut agar tetap bercahaya, sehat dan segar.

mencegah rambut rontok

Perawatan rambut alami yang banyak dilakukan oleh wanita Indonesia adalah dengan menggunakan kemiri yang berfungsi menebalkan rambut ditambah urang-aring yang berfungsi menjaga warna rambut tetap berkilau.

Perawatan alami yang sering berlaku dalam wanita Thailand adalah rajin menggunakan santan kelapa untuk membilas rambut sehingga tetap terjaga kelembaban juga warna kilaunya agar tetap bercahaya.

Sedangkan wanita India, banyak menggunakan bubuk kopi yang dicampur dengan sedikit air hingga berbentuk pasta lalu secara rutin dioleskan ke seluruh rambut minimal dilakukan 1x dalam seminggu.

Perawatan rambut secara tradisional untuk wanita Mesir dilakukan dengan campuran minyak kastor dan potongan bawang putih. Ramuan ini secara rutin diusapkan ke rambut seperti menggunakan minyak rambut, hampir setiap malam menjelang tidur dan keesokan pagi dibilas dengan air bersih. Sangat berguna untuk menjaga keindahan rambut.

READ:  7 Tips Membeli Bra yang Tepat dan Sehat

Hal terpenting lainnya yang perlu mendapat perhatian khusus sehubungan dengan perawatan rambut adalah menjaganya agar tidak mudah rontok. Berikut cara tradisional alami yang akan menjaga rambut sehat, kuat dan tidak mudah rontok:

1). Jus alami

Terbuat dari campuran bawang putih, bawang merah dan jahe, ditambah air secukupnya, blender hingga tercampur rata.

Gosok kulit kepala Anda dengan jus tradisional secara rutin setiap hari hingga terlihat hasilnya, biarkan semalaman. Esok pagi, bilas rambut hingga bersih menggunakan shampoo yang sesuai dengan kondisi rambut, lalu keringkan.

2). Teh hijau

Dua kantong teh hijau hangat yang telah diseduh dengan sedikit air agar kental kandungan tehnya, dioleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan ringan, kemudian tunggu selama satu jam dan bilas dengan air dingin.

Teh hijau berfungsi bagus untuk antioksidan, serta dapat mencegah kerontokan rambut juga meningkatkan pertumbuhan rambut baru.

3). Minyak esensial

Pijatan dan usapan-usapan lembut di kulit kepala dapat Anda lakukan sesering mungkin secara rutin. Hal ini berfungsi untuk merangsang sirkulasi darah lancar dan menjaga folikel rambut tetap aktif.

READ:  Penyebab Rambut Rontok dan Bercabang

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender, minyak almond, basil, jelatang, lemon atau minyak wijen, sebelum memijat kepala.

4). Lidah buaya

Daging lidah buaya mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral, yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut.

Caranya sangat mudah, ambil beberapa batang daun lidah buaya, buang kulit dan hancurkan dagingnya, lalu oleskan secara merata ke seluruh rambut. Biarkan dalam satu malam, esok pagi baru dibilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

5). Daun seledri

Tanaman ini mempunyai banyak kandungan terutama untuk menjaga agar akar rambut tetap kuat dan tidak mudah rontok yaitu kandungan kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri memiliki fungsi bagus untuk menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau.

Blender daun seledri secukupnya, usapkan secara merata ke seluruh kepala, sertai dengan pijatan-pijatan ringan. Diamkan semalam, besok pagi dibilas dengan air bersih. Lakukan rutin.

**

Itulah solusi sederhana dan alami dalam mengatasi rambut agar tidak mudah rontok secara tradisional. Jika dianggap perlu, lakukan juga perawatan rambut di salon dengan beberapa macam produk kecantikan rambut yang saat ini banyak beredar di pasaran.

READ:  7 Makanan Terbaik Cegah Kerontokan Rambut

Semoga tips-tips tersebut banyak memberikan bantuan terutama kepada remaja putri dan kaum wanita pada umumnya. Selamat mencoba!