Pecinta Kucing? Yuk, Ketahui Tips Merawat Kucing Berbulu Panjang

Loading...

Kucing merupakan salah sau hewan peliharaan yang paling popular hingga saat ini, dengan ras campuran yang menciptakan berbagai warna bulu dan mata yang kini tersebar di seluruh dunia.

Apakah Anda merasa sebagai pecinta kucing? Jika iya, Apakah Anda yakin bahwa Anda sudah memberikan perawatan terbaik bagi kucing Anda?

Kucing dengan bulu panjang termasuk ras kucing-kucing mewah dunia. Dengan kombinasi-kombinasi warna yang tertuang di bulu-bulu halusnya. Namun, untuk merawat kucing dengan bulu panjang memerlukan perawatan yang sedikit ribet. Karena jenis kucing berbulu panjang biasanya rentan akan gangguan kutu.

 Tips Merawat Kucing Berbulu Panjang

Berikut akan dijelaskan beberapa tips untuk merawat kucing dengan bulu yang panjang.

Mandikan Secara Teratur

Untuk menjaga kebersihan sang kucing, pemilik kucing harus memerhatikan intensitas ia memandikan kucingnya. Karena memandikan kucing berbulu panjang merupakan salah satu cara utama untuk menjaganya agar jauh dari serangan kutu.

Untuk standarnya, minimal Anda dapat memandikan kucing Anda sebanyak 1 kali seminggu. Perhatikan air yang akan Anda gunakan. Sebaiknya gunakan air hangat, agar kucing Anda tidak terkejut ketika terkena air dan tidak memberontak.

READ:  5 Langkah Mudah Agar Kulit Lebih Kencang

Usahakan memakai shampo khusus kucing agar perawatan bulunya maksimal, dan pastikan Anda membilas kucing Anda dengan bersih hingga tidak ada busa yang tersisa di tubuhnya. Karena sisa shampoo yang tersisa di bulu kucing dapat memancing datangnya kutu.

Sisir Bulu Kucing

Bulu kucing biasanya akan rontok pada musim-musim tertentu, dan bulu-bulu yang rontok tersebut jika dibiarkan begitu saja akan mengeras dan menempel pada bulu yang lainnya.

Masih ingat cula pada badak yang tersusun dari bulu-bulu yang mengeras? Nah, begitu pula dengan bulu kucing yang rontok.

Maka dari itu, Anda harus memerhatikan kerontokan tersebut. Belikan kucing Anda sisir khusus untuk kucing yang dapat memisahkan bulu-bulu yang rontok tersebut. Tidak perlu terlalu sering menyisir kucing.

Perhatikan Makanan Kucing

Anda sebagai pemilik sang kucing harus memerhatikan makanan yang cocok bagi kucing Anda. Jika Anda menggunakan makanan khusus kucing, maka Anda harus memerhatikan jenis mana yang cocok.

Makanan khusus kucing terbagi atas 2 jenis, yaitu yang basah dan yang kering. Terkadang ada kucing yang tidak dapat mengonsumsi jenis yang basah dan akan langsung memuntahkannya sesaat setelah mengonsumsinya.

READ:  Tips Perawatan Wajah Dengan Minyak Zaitun

Masalah ini tidak hanya berpengaruh pada kucing berbulu panjang, namun juga berpengaruh pada kucing ras lainnya.

Perhatikan Kebersihan Lingkungan

Layaknya manusia, kebersihan tempat tinggal kucing juga harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulunya.

Jika Anda lebih memilih untuk memelihara kucing dalam kandang, maka itu berarti Anda harus menjaga kebersihan kandang kucing Anda untuk menjaga kucing Anda dari kuman-kuman pembawa penyakit yang bisa saja bersarang di kandangnya.

**

Itulah tips-tips untuk merawat kucing berbulu panjang milik Anda. Kucing dan hewan peliharaan lainnya juga termasuk makhluk hidup ciptaan Sang Maha Kuasa, maka dari itu sebaiknya jika sudah memutuskan untuk memeliharanya, berarti Anda juga sudah mengambil keputusan mutlak untuk merawatnya sebaik yang Anda bisa.

Semoga bermanfaat.