5 Tips Menanam Tumbuhan Herbal Di Taman Rumah

Loading...

Tanaman herbalTanaman herbal

Gaya hidup yang ingin semuanya serba praktis membuat kita kadang jauh dari hal-hal yang bersifat alami. Bahkan bila kita sakit pun atau ingin hidup sehat, kita masih mengandalkan obat-obatan yang notabene berasal dari bahan-bahan kimia. Padahal untuk hidup sehat sebenarnya sangat mudah. Misalnya, mulai dari obat, kita bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah. Selain alami, tentunya tidak akan mengeluarkan biaya. Berikut kami uraikan beberapa tips untuk Anda yang ingin menanam tanaman obat atau herbal di rumah Anda.

1. Perencanaan

Perencanaan ini maksudnya adalah, berapa banyak jenis tanaman obat yang ingin Anda tanam disesuaikan dengan luasnya lahan yang ada di rumah.

2. Tanah

Kondisi tanah yang akan digunakan untuk menanam tanaman obat atau herbal juga harus diperhatikan tingkat kesuburannya. Tanah yang baik atau subur akan menghasilkan tanaman yang berkualitas baik pula. Kalaupun tanah yang Anda miliki kurang subur, tambahkan pupuk kompos atau gambut sphagnum sebelum menanam bibit.

3. Menanam Dengan Menggunakan Wadah

Herbal yang bisa digunakan untuk keperluan dapur, misalnya daun mint bisa ditanam dalam wadah agar tak bercampur dengan tanaman lainnya. Selain itu keuntungan menanam dalam wadah juga dapat dipindah-pindahkan. Tips: tempatkan beberapa pot tanaman di dapur maka dapur Anda akan kelihatan jauh lebih segar. Namun, untuk tanaman yang ditempatkan dalam wadah membutuhkan perhatian yang lebih untuk penyiraman.

READ:  13 Herbal untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

4. Pengembangbiakan Tanaman

Beberapa tanaman bisa diambil cabangnya untuk kemudian ditanam kembali sehingga menghasilkan tumbuhan baru tanpa perlu menabur bibit. Disarankan sebaiknya memilih jenis tanaman ini.

5. Memilih Daun dan Biji Herbal

Daun dari tanaman obat atau herbal bisa segera dipetik bila tanaman telah memiliki cukup daun dan pertumbuhannya sehat (tidak terkena hama). Untuk hal ini disarankan agar memetik daun tersebut setelah embun menghilang dari daun dan matahari belum terlalu terik (panas). Hal ini akan menjaga agar kandungan minyak alami yang ada di dalam daun tersebut tetap terjaga. Untuk musim dingin, petiklah daun sebelum kuncup bunganya mekar. Cuci daun tersebut dengan bersih sebelum dikeringkan dan digunakan.

(photo: tastefulgarden.com)