5 Tips Bagi Anda yang Kekurangan Ide Menulis

Loading...

Kekurangan Ide MenulisSeringkali kita memiliki banyak ide, tapi tentu ada banyak saat-saat lain ketika ketika Anda bahkan tidak memiliki ide sama sekali. Alhasil anda hanya menggaruk-garuk kepala sampai rambut anda kusut.

Oleh sebab itu akan menjadi sangat berguna dan produktif untuk membahas tentang apa yang dapat kita lakukan ketika hal itu terjadi, bukan hanya untuk blogger tetapi untuk siapa saja yang membutuhkan ide-ide secara teratur.

Sebagaimana dikutip dari zenhabits.net berikut adalah penjelasan dari hal tersebut:

Ketika Anda kehabisan ide, itu amat sangat menakutkan. Ini hampir sama seperti ketika Anda kehabisan makanan dan menjadikan anda  sedikit panik. Hal yang sama terjadi ketika Anda kehabisan uang, namun seringkali bukannya anda mencoba untuk tenang mencari tahu pilihan apa yang terbaik, Anda justru penuh dengan kecemasan, putus asa mencari-cari harapan.

Memang situasi kekurangan ide itu tidak seburuk saat kekurangan uang , tapi kedua hal tersebut memiliki benang merah yang sama. Ketakutan menghentikan kita dari mencari tahu tindakan dan solusi terbaik.

Jadi, mulailah dengan menenangkan diri , dan jangan bertindak gegabah seperti ayam tanpa kepala. Anda dapat melakukan relaksasi dan bersantai diri dengan berbagai cara misalnya anda mengatur napas, kemudian kurangi ketegangan dalam tubuh anda serta nikmati suara dan cahaya di sekitar. Anda bisa melakukan hal ini di mana pun Anda suka.

READ:  7 Tips Mengatasi Mata Lelah Akibat Layar Komputer

Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan menyadari bahwa semuanya baik-baik saja, bahwa saat ini sempurna , bahwa hidup tidak akan runtuh dan hancur.

Jika anda sudah menemukan ketenangan lalu anda dapat melakukan satu atau lebih hal-hal berikut :

1. Lihatlah daftar ide-ide

Hal ini mengindikasikan bahwa anda harus menyimpan daftar ide anda terlebih dahulu, dan meninjau dua kali sebulan. Ide-de dari masa lalu harus selalu didata dan dikumpulkan, jika tidak maka ide tersebut akan menguap begitu saja.

Tentu saja, jika Anda benar-benar kehabisan ide, biasanya daftar ini tidak akan secara langsung membantu anda, tapi seringkali ketika Anda berpikir bahwa Anda sudah kehabisan ide dan anda sikapi dengan melihat daftar ide tersebut, Anda akan terstimulus dan menemukan sesuatu yang memicu ide yang bermanfaat bagi Anda.

2. Mencari inspirasi

Anda dapat membentuk jaring untuk ide-ide dengan melihat posting blog , berita, situs-situs seperti Hacker News atau Pinterest, suatu tempat di mana orang-orang melakukan hal-hal yang menarik dan menyenangkan.

READ:  5 Tips Agar Tetap Tenang Meski di Bawah Tekanan

Hal ini bukan berarti anda menjiplak atau menyalin ide tersebut , tetapi hanya ide-ide yang mungkin memicu ide-ide orisinil anda sendiri. Kadang-kadang Anda dapat menerapkan ide dari bidang mereka dengan ide Anda, dan itu akan menjadi sesuatu yang baru. Ada bisa pula menerapkan prinsip Amati – Tiru – Modifikasi.

3. Anda dapat bertanya pada orang lain

Sering Anda akan meminta pendapat pembaca Anda mengenai apa yang mengganggu mereka, apa masalah utama mereka, serta pertanyaan apa yang mereka miliki.

Anda dapat menggunakan media sosial untuk ini, dan hal ini dapat dikatakan sebagai salah satu penggunaan terbaik dari media sosial, dengan kata lain anda melakukan optimasi manfaat media sosial dengan sebaik-baiknya.

Masalah seseorang dapat menjadi ide posting bagi Anda, jika Anda pikir Anda memiliki solusinya  yang dapat berlaku baginya dan untuk banyak orang lain juga.

4. Anda dapat melakukan pengamatan

Ketika Anda mengamati orang lain, melihat apa yang membuat mereka tergerak, melihat apa masalah mereka, melihat apa solusi yang unik yang dapat mereka temukan. Hal ini seringkali datang melalui percakapan, atau refleksi pada percakapan di masa lalu.

READ:  5 Rutinitas Pagi Orang yang Produktif

5. Melihat ke dalam

Sekali lagi, Anda dapat hanya sekedar duduk diam, dan mengubah pandangan ke dalam diri Anda, dan mencoba untuk melihat hal-hal tentang diri Anda sendiri tentang apa yang Anda tidak lihat sebelumnya, atau belum melihat dalam beberapa waktu.

Anda akan merenungkan hal-hal yang telah Anda pelajari, hal-hal yang telah Anda lakukan, praktik-praktik baru yang telah berguna. Ini adalah teknik yang paling berguna dari semua teknik tersebut.

**

Itulah 5 tips yang dapat digunakan bila Anda merasa kekurangan ide menulis. Ingat, hal ini merupakan suatu hal yang alamiah dan jangan sampai memicu stress yang berlebih bagi diri anda. Terus gali kemampuan Anda dan teruslah belajar.

(Foto: studentsfila.com)