Tentang Keringat

Loading...

KeringatKeringat berlebihan di ketiak

Beberapa orang berkeringat, yang lainnya “berkilau.” Apapun gaya Anda, keringat memiliki fungsi yang penting meskipun kadang-kadang memalukan di momen tertentu. Simak untuk mengetahui bagaimana keringat bekerja keras untuk tubuh Anda, dikutip dari Daily Glow.

Kita cenderung berkeringat di waktu yang tidak tepat (tepat sebelum kencan pertama atau presentasi penting), tapi berkeringat sebenarnya merupakan bagian penting dari fisiologi Anda.

Apa itu keringat?

Keringat terdiri dari sebagian besar air dan garam, dengan sejumlah kecil zat-zat lain, termasuk mineral dan elektrolit. Jika Anda percaya keringat yang baik juga dapat membersihkan tubuh Anda dari racun, itu tidaklah benar. Detoksifikasi adalah pekerjaan hati.

Dari mana datangnya keringat?

Anda memiliki antara 2 juta dan 4 juta kelenjar keringat yang tersebar di seluruh tubuh Anda (kecuali untuk beberapa daerah pilihan, seperti bibir dan puting susu). Sementara ketiak memiliki salah satu konsentrasi tertinggi, kelenjar sebenarnya ada di mana-mana. “Kita memilikinya di telapak tangan, di telapak kaki – kita memilikinya di seluruh tubuh,” kata Cameron Rokhsar, MD, seorang profesor dermatologi di Albert Einstein College of Medicine di New York City.

READ:  Tips dan Cara Mengusir Bau Tak Sedap di Tubuh

Dua jenis kelenjar keringat yang terlibat saat berkeringat. Kelenjar eccrine, yang merespon panas, berada di sekujur tubuh, mereka melepaskan keringat yang pada dasarnya tidak berbau langsung ke kulit untuk mendinginkan tubuh. Kelenjar apokrin berkembang dalam folikel rambut Anda – pada kulit kepala dan ketiak Anda, misalnya – dan mereka merespon emosi tinggi serta panas. Mereka melepaskan keringat berlemak yang dipecah oleh bakteri pada kulit, dalam proses yang menghasilkan bau.

Mengapa kita berkeringat?

Kelenjar keringat diaktifkan ketika Anda panas atau ketika Anda sedang mengalami stres. “Kelenjar keringat berada di bawah kendali sistem saraf,” kata Dr Rokhsar, yang juga direktur medis dari New York Cosmetic, Skin and Laser Surgery Center. “Jadi Anda bisa berkeringat ketika Anda berada dalam situasi stres akut dan menjadi kecewa atau marah, yang Anda lakukan ketika Anda menjadi panas, seperti ketika Anda berolahraga.”

Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, tidak ada cara nyata untuk mengontrol jumlah keringat Anda. “Sama seperti banyak hal lain, itu ditentukan secara genetis,” kata Rokhsar. Jadi jika Anda berkeringat banyak setelah berjalan 3-mil dan teman Anda berjalan tampak seolah-olah hanya berjalan santai, salahkan gen Anda.

READ:  Pengobatan Alami untuk Mencegah Kanker Kulit

Bagaimana Anda tahu jika Anda berkeringat terlalu banyak?

Rata-rata orang berkeringat sekitar empat cangkir sehari. Tetapi jika Anda merasa seolah-olah Anda berkeringat lebih banyak dari orang lain, mungkin benar demikian. “Ini agak subyektif,” kata Rokhsar. “Jika Anda merasa bahwa Anda berkeringat terlalu banyak, Anda memang berkeringat terlalu banyak.” Untuk menghindarin kelenjar Anda bekerja terlalu aktif dan meredam kehidupan sosial Anda, cobalah deodoran berbasis aluminium atau diskusikan pilihan lain dengan dokter kulit Anda.

(photo: mirror.co.uk)