Mengenal Hiperemesis Gravidarum

Loading...

Hiperemesis GravidarumMual dan muntah akut pada saat kehamilan

Hiperemesis gravidarum berarti muntah akut atau berlebihan saat hamil.

Meskipun morning sickness sangat biasa terjadi ketika seorang wanita sedang hamil, namun Hiperemesis Gravidarum sangat jarang terjadi. HG atau Hiperemesisi Gravidarum dapat mempengaruhi seorang wanita hingga 3% bahkan tak jarang membuat calon ibu merasa sakit yang luar biasa bahkan hanya untuk menelan air liurnya sendiri.

HG biasanya dimulai pada awal kehamilan – antara empat dan tujuh minggu dan bisa terasa sedikit lebih ringan (siklus muntahnya berkurang) ketika memasuki usia kehamilan 14 minggu dan 16 minggu.  HG berakhir ketika memasuki usia kehamilan minggu ke-20 tapi itu biasanya hanya dialami oleh 10 sampai 20% wanita hamil. Sisanya biasanya mengalami Hiperemesis Gravidarum sampai mereka memasuki proses persalinan.

Singkatnya, Hiperemesis Gravidarum adalah mual dan muntah yang dialami secara terus menerus oleh seorang wanita ketika hamil dan selama proses kehamilan berlangsung sehingga dapat menyebabkan dehidrasi serta penurunan berat badan yang bisa mengakibatkan masalah yang serius.

READ:  Mencegah Penyakit Jantung Dengan Konsumsi Makanan Tertentu

Sebagian besar wanita hamil memiliki tingkat mual atau “morning sickness,” terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Mual dan muntah dalam kehamilan diduga disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon yang disebut human Chorionic gonadotropin atau HCG, yang dirilis atau dihasilkan oleh plasenta.

Mual yang ekstrim dan muntah selama kehamilan kadang-kadang terjadi jika Anda sedang hamil bayi kembar. Calon ibu yang mengalami HG biasanya akan cepat pusing bahkan jatuh pingsan.

Untuk mengkonfirmasi diagnosis Hiperemesis Gravidarum, biasanya dokter akan memeriksa ulang dan memeriksa tekanan darah Anda serta melihat apakah tubuh Anda mengalami dehidrasi dan melakukan USG untuk mengetahui apakah Anda sedang mengandung anak kembar atau tidak dan memeriksa mola hidatidosa.

Cara terbaik untuk mencoba mengurangi mual adalah dengan mengkonsumsi sedikit makanan ringan yang sehat, misalnya, kerupuk. Minumlah banyak air putih terutama ketika Anda sedang merasa sangat sakit. Vitamin B6 telah terbukti bisa mengurangi rasa mual di awal kehamilan, akan tetapi dengan dosis maksimal 100mg perhari.

READ:  Memilih Produk Perawatan Kulit Selama Kehamilan

Kadang dokter akan meresepkan obat kepada Anda yang mengalami HG untuk mengurangi intensitas muntah Anda. Namun dalam kasus yang lebih parah, Anda harus diinfus. Maka dari itu bila Anda merasa mual atau bahkan muntah terlalu sering dengan rasa sakit yang luar biasa, segeralah ke dokter.

(photo: babiesandtoddlers.com.au)