Tips Kulit Bebas dari Jerawat

Loading...

kulit bersih bebas jerawatKulit bersih bebas jerawat

Noda atau jerawat sering muncul pada wajah, leher, dada, punggung, dan bahu. Karena di daerah tersebut, kulit memiliki jumlah terbesar dari kelenjar minyak. Hanya sedikit dari kita yang kebal terhadap jerawat, tetapi pengobatan dapat meminimalkannya.

Simak tips berikut untuk mendapatkan kulit bersih yang bebas dari jerawat, dikutip dari webmd.com.

Jangan Terlalu Sering Mencuci Wajah Anda

Kulit kotor tidak menyebabkan jerawat atau noda. Mencuci wajah terlalu sering dan dengan bertenaga dapat mengiritasi kulit Anda dan membuat jerawat menjadi semakin buruk. Begitu juga dengan scrub kasar atau sabun dengan bahan kimia. Sebaliknya, cucilah daerah rawan jerawat dua kali sehari dengan pembersih ringan dan air hangat untuk mengurangi iritasi.

Pilih Sabun Bebas Minyak

Sabun bebas minyak tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan komedo, jerawat, dan whitehead. Pilih produk yang diberi label “bebas minyak,” “nonacnegenic,” atau “noncomedogenic.” Gunakan sabun dan bersihkan dengan ujung jari Anda. Waslap, spons, atau produk lain mungkin terlalu kasar dan dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

Jangan Hindari Makanan Favorit

Pernyataan bahwa makanan berminyak atau cokelat dapat menyebabkan jerawat secara langsung hanyalah mitos belaka. Jerawat terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak, sel kulit, dan bakteri yang normal, menyebabkan peradangan. Beberapa makanan dapat memicu reaksi hormonal yang menyebabkan pertumbuhan berlebih dari sel-sel kulit atau produksi minyak terlalu banyak. Jadi jika makanan tertentu tampaknya menyebabkan Anda berjerawat, cobalah untuk menghindarinya. Tapi Anda tidak perlu menghindari pizza atau cokelat untuk mendapatkan kulit bersih.

Minum Banyak Air

Minumlah air sepanjang hari untuk menjaga kulit Anda terhidrasi dengan baik. Juga, makan makanan yang sehat dengan banyak buah-buahan segar dan sayuran yang kaya vitamin A dan vitamin E, keduanya diketahui memberikan manfaat bagi kulit Anda. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli kaya akan vitamin E. Vitamin A ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna seperti wortel, melon, persik, dan paprika.

READ:  Penyembuhan Jerawat dengan Pasta Gigi, Efektifkah?

Jangan Gunakan Kosmetik Berat

Hindari kosmetik berbahan dasar minyak. Bagaimana Anda bisa tahu? Ikuti panduan sederhana: foundation atau blush yang berbentuk krim umumnya dapat menyumbat pori-pori. Kosmetik berbasis mineral, yang ringan dan berbentuk bubuk, mungkin kurang kemungkinan untuk melakukannya.

Gunakan Foundation Bebas Minyak

Jika Anda memakai make-up, lakukan dengan menggunakan foundation bebas minyak. Untuk membantu menutup pori-pori Anda, percikkan wajah Anda dengan air dingin sebelum mengoleskan foundation. Juga, tidak peduli seberapa lelah Anda, bersihkan wajah Anda dari make-up sebelum tidur.

Jangan Berjemur atau Melakukan Tan

Penyamakan membersihkan kulit Anda adalah mitos belaka. Faktanya sinar UV menempatkan Anda pada resiko kanker kulit, penuaan dini, dan kerutan. Jangan berbaring di bawah sinar matahari atau menggunakan tanning booth. Juga, beberapa obat jerawat yang sering diresepkan, termasuk retinoid topikal, dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap kerusakan dari sinar UV.

Gunakan Sunscreen Bebas Minyak

Kenakan tabir surya bebas minyak atau pelembab dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 15 atau lebih tinggi yang menyediakan spektrum perlindungan luas dari sinar ultraviolet A (UV A) dan ultraviolet B (UV B). Carilah produk berlabel noncomedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Oleskan lagi setiap dua jam sekali.

Jangan Gunakan Produk Rambut yang Berminyak

Produk seperti minyak atau gel rambut bisa menutup pori saat rambut Anda menyapu wajah. Jagalah rambut Anda agar tetap bersih dengan menggunakan sampo bebas minyak, acnegenic, atau noncomedogenic. Jika Anda memiliki rambut berminyak, keramaslah setiap hari. Dan lindungi wajah Anda setiap kali menerapkan semprotan atau gel ke rambut Anda.

READ:  Cara Mengatasi Jerawat Dengan Bahan Organik Alami

Jauhkan Rambut dari Wajah Anda

Tarik rambut panjang Anda lagi ketika Anda tidur sehingga tidak memperburuk kulit Anda. Cobalah untuk menjaga rambut Anda dari wajah Anda di siang hari juga. Ingat, rambut mengandung minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat – bahkan jika Anda tidak menggunakan produk rambut.

Jangan Sentuh Wajah Anda

Hindari menyentuh atau menggosok wajah Anda karena ini dapat membuat jerawat menjadi lebih buruk. Juga, jangan menyandarkan wajah Anda di tangan Anda. Dan jagalah ponsel Anda dari menyentuh wajah Anda. Tangan dan ponsel mungkin membawa minyak dan kuman yang bisa mengiritasi jerawat. Keringat juga bisa memperburuk jerawat. Setelah berkeringat, bersihkan kulit Anda dengan lembut.

Oleskan Krim dengan Aplikator

Gunakan bola kapas, penyeka kapas, atau aplikator ketika menerapkan krim atau make-up pada kulit Anda. Jika Anda menggunakan tangan Anda, oleskan produk ini hanya dengan ujung jari Anda. Tangan kita membawa minyak dan kuman yang bisa memperburuk jerawat dan noda. Jika Anda memakai make-up, pastikan untuk menerapkannya pada kulit bersih.

Gunakan Pelembab Bebas Minyak

Kulit yang sehat adalah kulit yang lembab. Pilih pelembab bebas minyak dengan “noncomedogenic” tertera pada label. Ini berarti tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Anda mungkin ragu mengoleskan pelembab pada kulit rawan jerawat, tapi pelembab yang baik dapat menenangkan kulit yang teriritasi.

Jangan Meremas Jerawat Anda

Meremas jerawat atau noda hanya menciptakan lebih banyak masalah. Tahan diri Anda terhadap godaan itu. Ini hanya akan menunda penyembuhan dan meningkatkan risiko jaringan parut. Meremas jerawat juga dapat mendorong material yang terinfeksi ke kulit, dimana ia dapat menyebabkan peradangan dan jaringan parut tambahan.

READ:  6 Sumber Berharga Vitamin D untuk Mencegah Defisiensi

Gunakan Obat Jerawat Sesuai dengan Petunjuk

Tidak ada pengobatan cepat untuk jerawat. Obat-obatan tidak bekerja hanya dalam semalam – banyak pengobatan yang membutuhkan waktu penggunaan berminggu-minggu sebelum kulit Anda menjadi lebih baik. Beberapa jerawat mungkin memakan waktu hingga enam bulan untuk membersihkan. Setelah itu, perawatan kulit dasar – mandi setiap hari dan mencuci wajah dan tangan dengan sabun antibakteri ringan – mungkin tidak cukup. Anda mungkin perlu terus menggunakan obat jerawat bahkan ketika kulit Anda telah bersih. Ikuti petunjuk penggunaan obat. Terlalu banyak obat dapat mengiritasi kulit, tapi terlalu sedikit juga tidak efektif.

Selidiki Semua Perawatan Jerawat

Jangan hanya hidup dengan jerawat, komedo, dan noda. Jika perawatan Anda saat ini tampaknya tidak akan bekerja, konsultasilah dengan dokter atau dokter kulit untuk mendiskusikan perawatan lainnya. Ada banyak jenis obat-obatan yang dapat membantu membersihkan kulit Anda. Beberapa tersedia dengan resep dokter.

(photo: genesispurestore.com)