Ayo Berlibur ke Jogjakarta

Loading...

Indonesia adalah Negara yang memiliki segudang potensi pariwisata dari Sabang hingga Merauke. Potensi budaya yang dimiliki mencakup berbagai bidang, misalnya, potensi pariwisata alami, ragam kebudayaan, antropologi kuliner dan banyak lagi. Di pulau Jawa, kita mengenal kota Jogjakarta sebagai kota yang memiliki berbagai aspek menarik bagi para pengunjung baik domestik maupun internasional.

Jogjakarta adalah nama kota yang berada di selatan Pulau Jawa. Kota ini tidak hanya memiliki alam yang sangat indah- seperti di daerah Gunung Merapi atau gugusan pantai selatannya-, tapi juga memiliki kebudayaan yang sangat unik dan cenderung mampu bertahan hingga sekarang.

Alam yang indah dari Merapi hingga Parangtritis

Kompleks Gunung Merapi meliputi Kali adem, Kali kuning, dan Bebeng serta beberapa tempat di sekitarnya. Di sini kita bisa menikmati area abu-abu yakni bekas letusan Gunung Merapi di desa bernama Bebeng. Kita juga bisa melihat gugusan hutan Jati yang masih sangat asri walau sedikit rusak sejak peristiwa letusan gunung beberapa tahun silam. Ke arah Selatan kita bisa berkuda di pantai Parangtritis atau makan ikan bakar serba murah di TPI Depok, pantai Parangkusumo.

READ:  Pesona Keindahan Teluk Ha Long di Vietnam
Keindahan Alam jogjakarta
(photo: globalitetravel.com)

Paket Serba Hemat

Berlibur ke Jogja bisa jadi sangat hemat. Makanan yang tersedia bervariasi dari yang paling murah hingga kelas ekskutif. Namun karena banyak mahasiswa perantauan, maka harga makanan di sini cenderung murah. Bukan hanya makanan, transportasi umum juga berharga miring. Anda bisa naik becak atau bus kota keliling Jogja dengan harga terjangkau.

Gudeg Jogja
(photo: paijoohpaijo.blogspot.com)

Berlibur sambil Belajar

Jogja, selain menjadi kota budaya, juga dikenal sebagai kota pelajar. Sehabis ujian, banyak pelajar yang sengaja menghabiskan waktu sambil liburan dengan mengambil kelas-kelas kursus singkat. Banyak sekali tempat-tempat kursus yang bisa diikuti, seperti kelas bahasa asing, kelas tari Jawa, dan lain-lain.

Jogjakarta study tour
(photo: tripwow.tripadvisor.com)

Jogja benar-benar ‘Berhati Nyaman’

Slogan ini bukan sekedar pemanis mulut. Namun, kita dapat merasakan sendiri kenyamanan, kebersihan, dan ketertiban. Masyarakat Jogja juga terkenal dengan keramahan yang membuat para pendatang merasa tentram selama berkunjung.

malioboro jogjakarta
(photo: javabackpacker.blogspot.com)

Gudang Festival dan Event Kebudayaan Nasional

Bagi para penggemar tontonan yang bercitarasa budaya yang kental, liburan di Jogja juga merupakan pilihan yang tepat. Banyak festival dan event kesenian-kebudayaan yang diadakan di Jogjakarta. Biasanya pengisi acaranya tidak hanya produk lokal, namun sering juga seniman-seniman asing memilih mengadakan pertunjukan mereka di kota ini.

READ:  8 Tips Mudah Hitchhiking
Jogjakarta Kraton Dancer
(photo: my.opera.com)

Masih banyak lagi tentang Jogja yang mampu menarik hati. Sekali Anda berkunjung ke kota ini maka akan menjadi pengalaman yang tak bisa terlupakan. Seperti kata Katon Bagaskara, “Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu..”. Selamat berlibur!