5 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

Loading...

Craft ide bisnis untuk mahasiswaCraft, salah satu ide bisnis untuk mahasiswa

Berbisnis adalah sebuah kegiatan menjual barang dan jasa kepada konsumen. Menjalankan bisnis itu gampang–gampang susah, gampang bagi seorang yang memiliki jiwa bisnis dan susah bagi orang yang tidak berjiwa bisnis.

Memulai bisnis sebaiknya sejak masih muda, dimana fisik masih kuat, ide dan pikiran masih segar untuk berpikir kreatif. Biasanya para pelaku bisnis memulai bisnisnya sejak menduduki bangku kuliah, namun hanya secuil saja yang mampu melakukannya.

Alasan yang sama bagi mahasiswa adalah karena kurangnya waktu luang untuk menjalankan bisnis, sebab dosen–dosen membuat mahasiswa sibuk dengan tugas dan laporan. Namun ada beberapa mahasiswa yang cerdas bisa memulai bisnisnya sambil kuliah.

Apa saja bisnis yang bisa dijalankan saat masih kuliah? Kami berbagi 5 ide bisnis untuk mahasiswa. Simak ya.

1. Jualan Pulsa

Saat ini siapa yang tidak butuh pulsa? Pulsa adalah bahan bakar ponsel untuk bisa digunakan menghubungi seseorang. Jual pulsa bagi mahasiswa bila dilakukan dimana saja, apalagi teman–teman sekelas pasti butuh pulsa setiap saat. Jualan pulsa bisa menjadi alternatif memulai bisnis, walaupun keuntungannya sedikit lama–lama juga bisa jadi bukit.

READ:  Pedoman Bisnis Jasa Cleaning Service Ramah Lingkungan

2. Menulis di Blog

Membuat blog saat ini sudah sangat mudah dilakukan. Selain itu blog juga sudah bisa dimanfaatkan sebagai ladang mencari uang tambahan.

Dengan bermodalkan komputer atau laptop, ide dan jaringan internet, mahasiswa sudah dapat menulis di blog masing–masing. Saat ini, sudah banyak mahasiswa yang memanfaatkan blognya untuk menghasilkan uang. Keuntungannya adalah Anda bisa menulis di blog kapan saja tanpa mengganggu perkuliahan.

3. Jasa Service Laptop/Komputer

Untuk memiliki keahlian dalam memperbaiki laptop cukup mudah, sudah banyak sekali tutorial di internet yang membahas berbagai kerusakan laptop/komputer. Anda dapat belajar dari internet dan mulai praktek pada laptop teman terlebih dahulu.

4. Membuat Karya Unik

Saat ini masyarakat cenderung lebih mencari barang–barang yang bernilai seni tinggi. Contohnya mereka lebih menyukai bentuk boneka yang dibuat dari benda unik daripada boneka yang dibuat dari kain biasa.

Mahasiswa dapat membuat gantungaan kunci yang unik dan berbeda dari gantungan kunci biasanya. Juga dapat membuat berbagai macam craft, seperti pembatas buku, rajutan, ataupun bros.

READ:  Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

5. Percetakan Undangan

Membuat bisnis percetakan bukanlah hal yang sulit, cukup bermodalkan print Anda sudah bisa membuat percetakan undangan. Cetak undangan tidak terlalu butuh banyak dana tetapi dapat meraup keuntungan yang besar.

Nah, siapa bilang menjadi mahasiswa hanya bisa menghabiskan uang?

(photo: jcarolinecreative.com)