5 Tips Mengurangi Memar dan Bengkak

Loading...

Mengompres memar dengan es batuMengompres memar dengan es batu

Jika sedang mengalami nyeri, memar dan bengkak pasti membuat tubuh sulit bergerak dan beraktifitas. Memaksakan diri untuk bergerak malah bisa memperparah keadaan tubuh Anda. Lalu harus bagaimana?

Berikut kami uraikan tips bagaimana cara mengurangi memar dan bengkak dengan cepat.

1. Dengan Es

Salah satu cara paling mudah dan efektif untuk mengurangi bengkak dan memar adalah dengan menggunakan es batu. Caranya: bungkus es batu dengan handuk kecil atau kain lembut lalu tekan-tekankan pada bagian tubuh yang mengalami bengkak dan memar. Lakukan selama 15 menit. Hal ini juga akan membantu mengurangi rasa sakit.

2. Kompres Panas

Hampir sama halnya dengan kompres dengan menggunakan es batu. Hanya saja kali ini yang akan digunakan adalah air panas. Caranya: Ambillah handuk kecil atau kain lembut lalu celupkan ujung dari kain tersebut ke dalam air panas, peras sedikit agar airnya tidak menetes.

Selanjutnya tekan-tekankan pada bagian tubuh yang bengkak atau memar. Lakukan selama 15 menit. Kompres dengan menggunakan air panas sangat ampuh mengurangi pegal dan bengkak dikarenakan otot yang keseleo.

READ:  10 Tips Melahirkan Normal Tanpa Operasi Caesar

2. Menggunakan Obat

Jangan gunakan Aspirin, Warfarin dan obat penghilang rasa sakit lainnya dalam jangka panjang. Karena, tentu akan menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan. Cobalah untuk menggunakan acetaminophen (Tylenol). Obat tersebut bisa didapatkan di toko obat maupun apotik. Acetaminophen dapat membantu mengurangi memar dan kebiruan pada kulit dan mengurangi rasa sakit pada otot.

3. Arnika

Arnika adalah jenis obat homeopati yang bisa digunakan untuk mengobati memar dan bengkak yang terjadi pada tubuh Anda. Oleskan gel arnika setiap 3 jam sekali pada bagian tubuh yang memar. Bila pada pemakaian pertama kulit Anda memerah dan terasa gatal, hentikan pemakaian. Itu pertanda bahwa Anda alergi pada arnika.

4. Makan Makanan Sehat

Makanlah makanan yang banyak mengandung Vitamin C dan K. Vitamin C membantu mencegah memar dan vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah dan penyembuhan. Contoh makanan kaya vitamin C antara lain: lemon, blackcurrant, stroberi, jeruk, dll dan bahan makanan yang kaya akan kandungan vitamin K adalah sayuran yang berwarna hijau gelap seperti bayam, brokoli, kubis dll.

READ:  8 Jenis Relaksasi Setelah Anda Lelah Bekerja

5. Istirahat

Salah satu cara paling ampuh untuk mengobati rasa sakit, memar dan bengkak adalah dengan beristirahat. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan merasa segar dan itu akan membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

(photo: wikihow.com)