Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Kopi?

Loading...

Secangkir kopiSecangkir kopi

Kopi telah menjadi minuman wajib bagi sebagian besar orang yang butuh semangat di pagi hari. Memang benar konsumsi kopi baik untuk kesehatan. Tapi dengan batasan jumlah tertentu pastinya. Minum kopi dalam jumlah yang terlalu banyak bahkan bisa memicu beberapa masalah kesehatan. Misalnya, rasa mual ingin muntah, sakit kepala sampai insomnia. Mulai sekarang kontrollah kebiasaan Anda dalam minum kopi.

Berikut kami uraikan bagaimana cara mengurangi atau menghentikan kebiasaan minum kopi seperti yang dikutip dari methodsofhealing.

1. Kurangi Secara Bertahap

Juru bicara dari American Dietic Association, Kari Gans mengatakan bahwa jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein, sebaiknya jangan langsung berhenti. Hal ini justru memicu stres yang membuat Anda akan mengkonsumsi lebih banyak. Karena tubuh waktu untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru.

2. Cari Minuman Pengganti

Cara lainnya adalah dengan mengganti kopi dengan minuman lain yang tidak mengandung kafein atau kadar kafeinnya lebih rendah. Misalnya, teh, cokelat atau jus buah. Jadi, begitu Anda merasa ingin minum kopi, minumlah minuman pengganti tersebut. Hal ini bisa membantu mengalihkan kebiasaan Anda dari mengkonsumsi kopi.

READ:  Mengapa Atlet Harus Mengkonsumsi Buah Pisang?

3. Banyak Minum Air Putih

Air putih memang telah lama dikenal sebagai salah satu pendetoksifikasi tubuh yang baik. Dengan banyak minum air putih, tubuh Anda akan tetap terhidrasi dan lebih mempermudah Anda dalam menghentikan kebiasaan minum kopi selain itu kesegaran dan kesehatan Anda akan tetap terjaga tanpa pengaruh kafein.

4. Olahraga

Rajin melakukan aktivitas fisik akan mengurangi perasaan lelah, yang biasanya akan berakhir dengan minum secangkir kopi. Olahraga bisa membantu merangsang produksi hormon endorfin yang menimbulkan perasaan senang tanpa minum kopi.

5. Makan Makanan Sehat

Junk food atau makanan cepat saji mengandung banyak kalori dan tentu saja tidak sehat. Selain memperburuk kondisi kesehatan, junk food akan menggagalkan usaha Anda untuk mengurangi konsumsi kafein atau kopi. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi sehingga Anda akan terhindar dari minum kopi.

6. Tidur Yang Cukup

Mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri agar mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang cukup akan membuat tubuh Anda bugar ketika bangun di pagi hari sehingga Anda tak perlu lagi minum kopi hanya untuk merasa lebih segar dan berenergi.

READ:  7 Makanan Terbaik Cegah Kerontokan Rambut

7. Yoga

Stress karena pekerjaan biasanya menjadi alasan untuk menikmati secangkir kopi. Kopi memang bisa membuat tubuh merasa lebih rileks dan nyaman. Namun, seperti yang telah disebutkan di atas, konsumsi kopi yang berlebihan dan terlalu sering akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Cobalah untuk melakukan yoga. Duduk tenang selama 5 menit akan membuat Anda merasa lebih rileks tanpa perlu minum kopi.

(photo: wisegeek.com)