Riwayat Netbook Akan Tamat?

Loading...

NetbookNetbook

Siapa yang tak kenal netbook? Komputer portabel ini jadi populer karena bentuknya yang ringkas dan mudah dibawa kemana saja. Namun, netbook ini diprediksi akan sulit ditemui di tahun 2013. Seperti yang di kutip dari DigiTimes, pasar netbook dikatakan akan resmi berakhir setelah Acer dan Asus selesai menjual stok yang tersisa.

Acer sendiri pada awal Desember 2012 lalu telah mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan produksi netbook. “Kami akan lebih fokus untuk meningkatkan laba daripada berebut pangsa pasar lewat produk murah tapi tidak menguntungkan” ujar J.T Wang, CEO Acer.

Di Indonesia, produsen yang telah menghentikan memasarkan Netbook adalah Hewlett Packard (HP). Market Development Manager HP Indonesia Cynthia Defjan, mereka sudah menerima pengiriman terakhir pada oktober 2012 dan tahun 2013 Netbook HP akan menghilang dari pasaran atau dengan kata lain tidak akan di jual lagi.

Mungkin sebagian besar telah mengetahui penyebab dari jatuhnya kejayaan Netbook. Ya.. pertumbuhan tablet yang sangat luar biasa. Pasar Netbook pun terkikis karena konsumen lebih memilih untuk membeli Tablet ketimbang Netbook untuk memenuhi kebutuhan bersosial media karena lebih mudah dibawa-bawa dibandingkan dengan Netbook yang fungsi dasarnya sama.

READ:  Aplikasi Games Android untuk Mendidik Anak

Saat ini, harga pasar dari Netbook masih sekitar 3 jutaan.

(photo: notebookspec.com)