Manfaat Bawang Merah dan Bawang Putih

Loading...

Dongeng cerita tentang kisah bawang merah dan bawang putih sering kita dengarkan dari orang tua kita dahulu sebelum tidur. Berdongeng adalah cara orang tua dahulu menidurkan anaknya dengan cepat. Dalam cerita bawang merah dan bawang putih dikisahkan dua orang bersaudara yang berperangai berbeda, dimana bawang merah itu jahat dan bawang putih itu baik.

Setiap hari mungkin kita tidak menyadari bahwa bawang merah dan bawang putih tersebut selalu kita konsumsi, setiap makan sayur atau lauk pauk pasti menggunakan bawang merah dan bawang putih sebagai  bumbunya.

Nah apa saja manfaat bawang merah dan bawang putih untuk kesehatan? Benarkah bawang merah itu selalu jahat?

Manfaat Bawang Putih

Bawang putih
Bawang putih (photo: woollygreen.com)

Bawang putih memiliki nama latin Allium sativum. Bawang putih menurut Mrs. M. Grieve dalam karya bukunya yang berjudul ”A Modern Herbal” berasal dari bagian utara dan selatan Siberia kemudian berkembang meluas di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Bawang putih dan bawang merah keduanya adalah 1 famili namun berbeda spesies, manfaatnya pun hampir sama saja dengan bawang merah.

READ:  Apa itu DHEA?

Bawang putih dapat digunakan untuk pertolongan pertama penderita keracunan akibat merkuri dan arsenik, yaitu dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Namun perlu diingat hal tersebut hanya sebagai pertolongan pertama. Memakan bawang putih mentah juga dapat membantu mengobati infeksi sistem pencernaan.

Bawang putih dapat mencegah penyakit kanker. Jika Anda perokok berat, Anda dapat mengonsumsi bawang putih yang mengandung antioksidan.

Manfaat Bawang Merah

Bawang merah
Bawang merah (photo: wisegeek.com)

Bawang merah memiliki nama latin alium cepa, menurut beberapa literatur menyebutkan bahwa bawang merah berasal dari Asia, tetapi sudah sangat dikenal di seluruh dunia.

Bawang merah mengandung senyawa Sulfur dan Quercetin, senyawa ini merupakan antioksidan yang sangat efektif menangkal radikal bebas di dalam tubuh manusia.

Bawang merah juga mengandung senyawa Belerang yang dapat melindungi usus, perut dan paru–paru, serta dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Bawang merah bisa meningkatkan produksi insulin bila dimakan mentah. Insulin merupakan hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat, sehingga dapat mengontrol penyakit diabetes dan melindungi jantung anda.

READ:  Khasiat dan Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Nah, ternyata bawang merah memiliki banyak sekali manfaat buat manusia, tidak seburuk dalam kisah dongeng Bawang merah – Bawang putih.