4 Keuntungan Memiliki Bisnis Sendiri

Loading...

BisnisMulailah merintis bisnis di usia muda

Hidup adalah pilihan, begitu pula dengan pekerjaan. Memilih mengelola bisnis sendiri atau menjadi seorang karyawan, setiap orang berhak memilih jalan hidupnya sendiri. Namun untuk urusan pekerjaan tentu butuh pertimbangan yang sangat matang mengingat hal ini berkaitan dengan masa depan Anda sendiri dan juga keluarga.

Banyak orang yang selalu memimpikan untuk menjadi pegawai pada sebuah perusahaan tertentu dengan alasan kehidupan yang sangat baik. Kerjaannya pun mudah dan tidak terlalu berat. Apalagi bila menjadi PNS, hari tua sudah jelas dan tidak kesulitan mencari uang karena adanya tunjangan pensiun.

Namun bagi orang yang berjiwa bisnis justru sebaliknya. Dengan menjadi pegawai, hidup akan serba dibatasi, karena itulah mereka memilih untuk menjalankan bisnis.

Nah, apa saja keuntungan jika memiliki bisnis sendiri?

1. Kebebasan Waktu

Kebebasan waktu hanya bisa didapatkan dengan memiliki bisnis sendiri. Anda dapat membuka dan menutup usaha setiap hari kapan saja.

Saat menjadi pegawai Anda harus masuk kerja berdasarkan jam yang ditentukan oleh kantor. Hari libur hanya ditentukan oleh pimpinan kantor atau berdasarkan libur nasional. Dan bila terlambat masuk kerja, maka potongan gaji akan menjadi ancamannya.

READ:  Sukses Berbisnis Dalam 5 Langkah

2. Pendapatan Bisa Lebih Banyak

Saat menjadi pegawai, urusan gaji ditentukan oleh kantor atau UMP suatu wilayah. Dan secara otomatis semua gaji pegawai sama jumlahnya.

Beda halnya dengan memiliki bisnis sendiri. Anda yang mengatur pendapatan sendiri, jika ingin memiliki pandapatan lebih banyak dapat dilakukan dengan membuka cabang usaha di tempat lain. Anda bahkan bisa memberikan gaji ke orang lain bila dalam mengelola bisnis Anda dibantu oleh karyawan.

3. Bisa Diwariskan

Berbisnis adalah usaha yang dapat diwariskan secara turun temurun.  Contohnya saja usaha yang dijalankan oleh mantan presiden RI Jusuf Kalla dan Erwin Aksa, keduanya menjalankan bisnis yang diwarisi oleh orang tuanya. Tak perlu gelar untuk bisa mewarisi bisnis keluarga. Cukup memahami ilmunya dari orang tua, Anda sudah bisa belajar menjalankan dan mengelola bisnis tersebut.

Sedangkan menjadi pagawai, jabatan apapun yang sedang dimiliki saat ini tak dapat diwariskan kepada keluarga, bahkan justru diberikan ke orang lain yang lebih mampu dan lebih ahli dalam bidang tersebut.

READ:  Budidaya Ikan Arwana Silver

4. Kebebasan Hari Tua

Bisnis sebaiknya dirintis sejak usia muda agar di waktu tua Anda tinggal menikmati hasil dari berbisnis. Sementara bisnis tetap jalan dan dikelola oleh orang-orang kepercayaan Anda, Anda bisa leyeh-leyeh menikmati hari tua.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mulai berbisnis?

(photo: telegraph.co.uk)