5 Alasan Liburan ke Jogjakarta

Loading...

Liburan panjang akhir tahun memang sudah lewat tapi tak ada salahnya mulai mencari informasi daerah wisata apa saja yang dapat dikunjungi untuk rencana liburan berikutnya. Sudah punya destinasi favorit untuk dikunjungi? Atau masih bingung mau liburan kemana karena harga tiket mahal atau budget kamu pas-pasan?

Nah, Anda tidak perlu bingung lagi karena ada satu destinasi super komplit yang bisa Anda nikmati tanpa menguras isi kantong. Mau tau kira–kira di mana tempatnya? Ya, Jogjakarta adalah jawabannya. Kenapa sih bukan Bali, atau yang lebih keren dikit seperti Malaysia, Singapura, Taiwan atau Hongkong? Tidak perlu jauh – jauh ke luar negeri untuk berwisata atau liburan murah karena semua yang ingin Anda dapatkan selama liburan semuanya ada di sini.

Ini dia 5 alasan mengapa Anda perlu mengunjungi Jogjakarta:

1. Ragam Wisata

Candi Borobudur
Candi Borobudur (photo: jogjakartatouristinformation.com)

Pilihan obyek wisata yang beragam merupakan salah satu alasan utama wisatawan untuk mengunjungi kota ini. Anda bisa memilih wisata apa saja yang Anda sukai, misalnya untuk food lover, Anda bisa memilih wisata kuliner. Jogja memiliki beragam khas kuliner lezat dan murah seperti gudeg, oseng–oseng mercon, bakmi, bakpia dan masih banyak lagi.

Lebih tertarik dengan sejarah, Anda bisa mengunjungi benteng Vrederburg, Keraton atau Taman Sari. Penasaran ingin melihat candi, Anda bisa mengunjungi Candi Borobudur yang megah atau si cantik Prambanan dan Candi Ratu Boko. Bagi penyuka wisata alam, Anda bisa mengunjungi Parangtritis, Pantai Baron atau ke Kaliurang.

Ingin berwisata keluarga, Anda bisa datang ke Agrowisata Salak Pondok, kebun binatang Gembira Loka atau Taman Pintar. Bagi penyuka hal–hal yang menantang dan ekstrim, Anda bisa mendaki Gunung Merapi atau cave tubing di Gua Pindul. Penyuka seni, tari, dan wayang kulit, Anda bisa menonton pagelaran seni dan wayang kulit gratis yang selalu diadakan di keraton atau belajar membatik . Atau Anda penggila wisata belanja, Anda bisa datang ke Malioboro dan Beringharjo dan membawa pulang produk berkualitas dengan harga murah.

READ:  4 Objek Wisata Alam Populer di Jawa Barat

Anda penyuka hal–hal unik, bisa mencoba masangin, wisata tutup mata melewati dua pohon beringin di Alun–Alun Kidul di malam hari atau mengunjungi kampung turis Prawitotaman. Mau wisata yang gratis tanpa harus membayar biaya masuk, datanglah ke Tugu Jogja atau Alun–alun selatan keraton. Anda bisa nongkrong sambil menikmati suasana Jogja di malam hari. Cari apa lagi, semuanya lengkap bukan? Pilihannya kini ada ditanganmu.

2.  Segala Murah

malioboro jogjakarta
Jalan Malioboro (photo: javabackpacker.blogspot.com)

Jogjakarta terkenal dengan kota yang segala–galanya serba murah mulai dari makanan, akomodasi dan transportasi, biaya hidup, biaya masuk ke tempat objek wisata, souvenir atau cinderamata. Hanya dengan Rp 3000 saja, Anda sudah bisa keliling kota sampai puas menggunakan Trans Jogja. Jika ingin mengeksplore tempat–tempat jauh seperti Parangtritis, Borobudur atau gunung Merapi, Anda bisa menyewa motor seharga 50 ribu rupiah perhari.

Soal makanan Anda tidak perlu khawatir. Banyak kuliner lezat yang Anda bisa cicipi mulai dari makanan tradisional dan beragam menu lainnya dengan harga terjangkau. Cukup merogoh 10 ribu rupiah Anda sudah bisa mengisi perut dengan nasi, lauk–pauk dan minuman.

READ:  5 Tips Liburan Aman dan Nyaman ke Pantai

Ingin belanja sepuas–puasnya tanpa takut kanker alias “kantong kering”, datanglah ke Pasar Beringharjo atau Malioboro. Di sinilah surga belanja barang–barang murah seperti baju batik, kerajinan, cinderamata, anting atau gelang ataupun oleh–oleh untuk keluarga dan orang–orang terdekat Anda.

Bingung mencari penginapan murah? Datang saja ke malioboro atau Jl. Sosrowijayan. Jalan ini terkenal dengan nama kampung backpacker karena selain sebagai tempat berkumpulnya para backpacker, di sini banyak penginapan murah mulai dari harga 60 ribu per malam.

3. Nyaman Dan Aman

Tugu Jogja
Tugu Jogja (photo: bobzworldcity.com)

Selain Bali, Jogja adalah tempat wisata kedua yang paling diminati para wisatawan. Alasan kenyamanan dan keamanan menjadikan kota ini selalu menarik banyak pengunjung. Kondisi geografis yang mendukung serta cuaca yang cukup bersahabat membuat wisatawan dapat merencanakan perjalanan dengan baik.

Tidak hanya itu, keindahan alam dan kekayaan seni dan budaya tradisional serta dukungan pariwisata yang layak seperti sarana akomodasi dan transportasi yang membuat Jogja sebagai tujuan wisata. Ditambah lagi Anda akan jarang menjumpai kemacetan lalu lintas seperti di kota–kota besar lainnya di Indonesia. Anda tidak akan rugi berkunjung ke sini karena Jogja memenuhi syarat sebagai tempat wisata. Ada sesuatu yang dilihat/dikunjungi (something to see), kuliner khas (something to eat) dan oleh oleh/cinderamata (something to buy).

4. Masyarakat Dan Budaya

Masyarakat yogyakarta
Masyarakat Jogja (photo: wtd.unwto.org)

Jogja terkenal dengan penduduknya yang ramah dan sopan. Kemana saja Anda pergi, selalu ada senyum dan sapa baik dari tukang becak, petugas Trans Jogja, penjaga museum atau pelayan restoran. Jika masyarakatnya ramah, tentu saja kita merasa nyaman karena bisa diterima oleh masyarakat setempat. Selain itu, budaya dan adat Jawa yang masih kental adalah sisi lain yang bisa Anda saksikan dalam kehidupan sehari–hari masyarakat Jogja. Anda bisa belajar budaya seperti belajar membatik sambil menyelami kehidupan penduduk asli jawa.

READ:  6 Tempat Wisata Untuk Mencari Inspirasi

5. Rindu Kembali Pulang

Sunset di parangtritis
Sunset di Parangtritis (photo: biwatour.com)

Percayakah Anda jika kota Jogja memiliki magnet yang mampu membuat siapa saja yang datang berkunjung ke kota ini untuk datang kembali? Jika tidak percaya, silahkan Anda mencobanya sendiri. Jogja selalu meninggalkan kesan yang mendalam bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Jogja membuat betah siapa saja untuk tinggal berlama–lama dan mengikat mereka untuk datang kembali. Suasananya sangat nyaman dan damai, tidak metropolis tapi juga tidak kuno dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan hari tua. Pernahkah Anda rindu kampung halaman dan ingin segera pulang? Seperti itulah rasa kerinduan terhadap Jogja. Rindu untuk kembali pulang.

Jadi, tunggu apalagi? Dengan biaya yang cukup murah, Anda sudah bisa liburan di Jogja. Segera kemasi barangmu dan buktikan apakah Jogja membuat Anda kangen untuk kembali lagi ke sana.