Daftar Makanan Kaya Probiotik Sahabat Bagi Usus Anda

Loading...

miso soupMiso Soup untuk pencernaan aktif

Masalah pencernaan adalah satu dari sekian penyakit yang mungkin saja mengintai Anda, terutama di musim penghujan. Berikut kami berikan daftar makanan yang kaya akan probiotik, sahabat bagi usus, dikutip dari webmd.com.

Yogurt: Sumber Probiotik

Yogurt adalah sumber makanan probiotik yang paling akrab – bakteri baik seperti lactobacillus atau bifidobacteria yang menjaga keseimbangan yang sehat dalam usus Anda.

Studi menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu meringankan intoleransi laktosa. Mereka juga dapat membantu melemahkan gas, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Anda dapat membayar lebih untuk merek yogurt khusus pencernaan, namun sesungguhnya apapun dengan “hidup dan kultur aktif” yang terdaftar dapat membantu menjaga usus Anda.

Sauerkraut Meningkatkan Pencernaan

Sauerkraut (kubis yang difermentasi) berisi mikroba menguntungkan, leuconostoc, pediococcus, dan lactobacillus. Pilih sauerkraut yang tidak dipasteurisasi karena pasteurisasi (digunakan untuk kebanyakan sauerkraut supermarket) membunuh bakteri aktif yang menguntungkan. Sauerkraut – dan hidangan yang sama tetapi pedas seperti Kimchi Korea – juga sarat dengan vitamin peningkat kekebalan yang dapat membantu menangkal infeksi.

READ:  Panduan Dalam Memilih Suplemen Yang Tepat

Miso Soup untuk Pencernaan Aktif

Sebuah makanan populer untuk sarapan di Jepang, pasta kacang kedelai ini benar-benar bisa membuat sistem pencernaan Anda bergerak. Miso penuh probiotik dilaporkan mengandung lebih dari 160 jenis bakteri. Ia sering digunakan untuk membuat sup asin yang rendah kalori dan tinggi vitamin B dan antioksidan pelindung.

Keju Lunak Melawan Bakteri

Meskipun berpotensi baik untuk pencernaan Anda, tidak semua probiotik dapat bertahan dalam perjalanan melalui saluran pencernaan Anda. Tetapi penelitian menemukan bahwa lactobacillus dalam beberapa keju lunak yang difermentasi, seperti Gouda, cukup kuat untuk bertahan hidup. Selain itu, keju dapat bertindak sebagai pembawa untuk probiotik yang mungkin, pada gilirannya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kefir: Minuman Berisi Probiotik

Menurut legenda, gembala Pegunungan Kaukasus Eurasia menemukan bahwa susu yang mereka bawa memiliki kecenderungan untuk fermentasi menjadi minuman bergelembung. Tebal, lembut, dan tajam seperti yogurt, kefir memiliki bakteri probiotik sendiri, ditambah beberapa varietas jamur yang menguntungkan.

Roti Sourdough Membantu Pencernaan

Roti sourdough San Fransisco terkenal mengandung lactobacilli, probiotik yang dapat berguna untuk pencernaan.

READ:  Kenali 8 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur

Susu Dengan Probiotik

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan probiotik dalam diet Anda adalah dengan menambahkan susu acidophilus. Ini hanyalah susu yang telah difermentasi dengan bakteri seperti lactobacillus acidophilus. Kadang-kadang ia diberi label susu acidophilus manis. Buttermilk – umumnya susu yang dibiakkan dengan bakteri asam laktat – juga kaya probiotik.

Probiotik dalam Acar Asam

Ketika mencari acar untuk probiotik, pilih jenis yang difermentasi secara alami dimana cuka tidak digunakan dalam proses pengawetan. Garam laut dan larutan air mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan dan dapat memberikan acar asam beberapa manfaat bagi pencernaan.

Coba Tempe untuk Probiotik

Terbuat dari dasar kedelai fermentasi, makanan Indonesia ini menghasilkan jenis antibiotik alami yang melawan bakteri tertentu. Selain itu, tempe sangat tinggi protein.

Suplemen Probiotik

Selain ditemukan dalam makanan, probiotik juga tersedia sebagai suplemen dalam kapsul, tablet, bubuk, dan bentuk cair. Meskipun mereka tidak memberikan nilai gizi makanan tambahan yang dapat ditawarkan, mereka bisa sesuai. Jika Anda tertarik, konsultasilah dengan dokter Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh, Anda mungkin harus berhati-hati mengkonsumsi probiotik.

READ:  Metode Memasak Sehat

Prebiotik vs Probiotik

Makanan probiotik mengandung bakteri hidup, sedangkan makanan prebiotik memberi makan bakteri baik yang sudah hidup di sistem pencernaan Anda. Anda dapat menemukan prebiotik dalam makanan seperti asparagus, Artichoke Yerusalem, pisang, oatmeal, anggur merah, madu, sirup maple, dan kacang-kacangan. Pertimbangkan makan makanan prebiotik sendiri atau dengan makanan probiotik untuk kemungkinan memberikan dorongan pada probiotik.

(photo: 101cookbooks.com)