Apa Saja Kata-kata Paling Populer di 2012?

Loading...

Ciyus MiapahCiyus? Miapah?

Dalam pergaulan, remaja atau anak muda selalu ingin mengikuti tren yang sedang populer di setiap zaman mulai dari fashion, gadget, gaya rambut, gaya hidup, sampai idola artis Korea. Tidak hanya itu saja, tren anak muda zaman sekarang sudah merambah sampai ke bahasa gaul sehari–hari yang dikenal dengan istilah kata alay. Kehadiran social media seperti facebook dan twitter berpengaruh besar dalam perkembangan dan penyebaran kata–kata alay tersebut.

Alay adalah singkatan dari anak lebay atau anak yang berlebihan. Versi lain mengartikan alay sebagai anak layangan. Berikut beberapa kata alay yang bermunculan di tahun 2012.

1. Ciyus? Miapah?

Kata Ciyus Miapah berarti serius, demi apa yang diucapkan secara cadel. Kata ini dipopulerkan oleh Omesh di salah satu iklan provider yang ditayangkan di televisi. Gaya bahasa yang lucu ini kemudian menjadi populer di kalangan pengguna twitter dan facebook.

2. Terus Gue harus bilang WOW gitu?

Kalimat “terus Gue harus bilang WOW gitu” pertama kali populer di sinetron Putih Abu–Abu yang bermaksud untuk menyindir seseorang yang menceritakan sesuatu yang berlebihan. Kata–kata ini kemudian menjadi semakin populer karena digunakan di iklan–iklan dan program televisi. Ada juga yang menambahkan seperti “terus gue harus koprol sambil bilang WOW gitu” atau “terus gue harus bilang WOW sambil goyang itik gitu” dan masih banyak lagi versi lainnya.

READ:  Ini Dia 4 Kapal yang Paling Fenomenal Sepanjang Sejarah

3. Mau tau aja atau mau tau banget?

Kata ini digolongkan bahasa alay karena nada pengucapannya yang terlalu dilebih-lebihkan dan membuat orang yang bertanya menjadi kesal dan penasaran.

4. Masalah buat Loh?

Kata “Masalah Buat Loh” dipopulerkan oleh artis Soimah. Kata tersebut tidak bermakna alay namun karena pengucapannya yang keras dan lantang membuat kata ini terdengar berlebihan.

5. Elo Gue End

“Elo Gue End’ dipopulerkan oleh Wendy Cagur dalam tayangan Opera Van Java dan menjadi populer di kalangan anak muda. Kalimat ini biasa digunakan sebagai bahan candaan jika bermusuhan atau  putus dengan pacar, kesal atau jengkel dengan teman dan sebagainya.

6. Kamseupay

Kamseupay merupakan akronim dari Kampungan Sekali Udik Payah. Kata ini juga dipopulerkan oleh salah satu artis dalam sinetron Putih Abu–Abu yang digunakan untuk menyindir seseorang yang bergaya jadul atau kampungan.

7. Kepo

Kepo diartikan sebagai orang yang ingin serba tahu segala sesuatu atau kecanduan segala hal yang sepele. Entah dari mana asalnya, ada yang mengartikan Kepo sebagai Knowing Every Particular object. Kata gaul ini kemudian menjadi trending topic di twitter.

READ:  7 Kebetulan Yang Mencengangkan

8. Galau

Galau adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan kondisi seseorang yang lagi resah dan gelisah, gundah gulana, atau bingung. Galau bisa digambarkan di situasi seperti jatuh cinta pada seseorang namun tidak berani mengungkapkannya, bingung menentukan pilihan, dan semacamnya. Galau kadang di plesetkan dalam bahasa Inggris menjadi God Always Listen And Understanding.

9. Move on

Secara harfiah, “move on” yang dipinjam dari bahasa Inggris bermakna berpindah. Kata “move on” menjadi bahasa gaul karena digunakan untuk menggambarkan situasi ketika seseorang putus dengan kekasihnya dan kemudian berpindah ke lain hati. “Move on” bisa juga berarti (hidup) seseorang tidak harus berhenti atau harus berlanjut di saat dia putus dengan kekasihnya.

10. Sesuatu

Siapa yang tidak  kenal Syahrini? Ya, artis yang heboh dan sensasional inilah yang mempopulerkan kata “sesuatu”. Istilah lainnya yang dipopulerkan oleh artis pemilik jambul khatulistiwa ini yakni “cetarrr membahana badai” yang menggambarkan sesuatu yang benar–benar fantastis atau mencengangkan.

11. Unyu – unyu

Unyu – unyu bermakna lucu dan menggemaskan. Kata ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat menggemaskan.

READ:  11 Tips Kencan Online

Sebenarnya masih banyak kata–kata alay yang digunakan dalam bahasa sehari–hari oleh anak muda. Namun diantara sekian banyak kata, kata–kata di ataslah yang sangat populer.

Menurut Anda, kata apa yang akan populer di tahun 2013 nanti? Kita tunggu saja!

(photo: Vemale.com)