Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Loading...

Wawancara KerjaWawancara Kerja

Memasuki dunia kerja, terlebih bagi anak muda yang baru saja selesai mengecap pendidikan SMA maupun perkuliahan, biasanya cenderung tidak mudah. Alasannya, karena belum mempunyai pengalaman.

Adapun orang-orang yang telah lama bekerja di suatu perusahaan namun ingin “move on” dari perusahaan tersebut, susah diterima pada perusahaan yang baru. Pada umumnya, mereka tidak lolos saat wawancara kerja/interview.

Nah, apa saja tips sukses menghadapi wawancara kerja? Silakan simak di bawah ini:

Penampilan

Penting diingat bahwa Anda sedang menentukan nasib karir Anda, bukan sedang jalan-jalan ke mal. Tegaskan kepada interviewer bahwa Anda memang niat bekerja pada perusahaan tersebut dengan cara berpenampilan serius dan sungguh-sungguh. Dalam hal ini, tidak perlu sampai memakai aksesoris yang berlebihan. Busana yang rapi dan sopan disertai senyum membuat kesan bahwa Anda merupakan orang yang menyenangkan untuk dijadikan rekan kerja.

Percaya Diri

Bangunlah kesan bahwa Anda cocok menduduki jabatan tersebut dengan cara menunjukkan bahwa Anda percaya diri. Caranya, cukup tampilkan diri apa adanya, dan lakukan kontak mata dengan interviewer saat wawancara berlangsung. Pastikan pula suara Anda tidak terlalu lirih ataupun terlalu lantang ketika menjawab interviewer.

Wawasan Luas

Belum memiliki pengalaman sebenarnya bukan suatu hambatan ketika melamar pekerjaan. Bahkan beberapa perusahaan besar memilih untuk mempekerjakan “fresh graduate“. Alasannya, karena fresh graduate belum terkontaminasi dengan budaya kerja perusahaan apapun. Wawasan yang luas menandakan bahwa Anda termasuk orang yang mau belajar dan mudah beradaptasi. Ingatlah untuk menjawab to the point dan sistematis ketika ditanya oleh interviewer. Hal tersebut membuat Anda terlihat cepat menangkap maksud pertanyaan.

READ:  5 Hal Yang Perlu Diketahui Ketika Mengunjungi Job Fair

Demikian beberapa tips sukses menghadapi wawancara kerja. Simak artikel berikutnya untuk mengetahui tips-tips bermanfaat lainnya. Semoga sukses! 🙂

(photo: medixteam.com)