Bagaimana Cara Menghadapi Wawancara Kerja

Loading...

wawancara kerjaMenghadapi Wawancara Kerja

Setelah mengetahui poin-poin awal untuk meraih perhatian interviewer, yaitu penampilan yang sopan, percaya diri, dan memiliki wawasan yang luas, ada baiknya menyimak tips lanjutan sukses menghadapi wawancara kerja di bawah ini:

Kelebihan dan Kekurangan

Biasanya interviewer akan menanyakan kelebihan dan kekurangan Anda. Jangan sekali-kali menjawab dengan cara mengelak bahwa Anda tidak memiliki kekurangan ataupun merendahkan diri Anda berlebihan. Ketahuilah bahwa manusia diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangannya, namun tidak ada seorangpun yang sempurna kecuali Tuhan. Dengan memperlihatkan bahwa Anda mengenali kelebihan dan kekurangan Anda, perusahaan akan mampu mengukur kinerja Anda dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Penyesuaian Diri

Maksudnya, tunjukkanlah bahwa Anda termasuk orang yang mampu beradaptasi di segala situasi. Ingatlah untuk tidak mengada-ada, karena apapun situasinya, sikap kerja Anda telah terbaca dari hasil psikotes Anda (biasanya wawancara kerja dilakukan setelah psikotes berlangsung).

Emosi

Jangan mudah terpancing emosi oleh pertanyaan dari interviewer. Hal tersebut akan menunjukkan sifat Anda dalam berbagai situasi kerja. Mampu mengontrol diri jauh lebih baik dibandingkan terpancing emosi negatif.

READ:  Tips Sukses Membuka Usaha Toko Kado

Motivasi

Umumnya, interviewer akan menanyakan tentang motivasi Anda bergabung dengan perusahaan tersebut. Ingat untuk tidak berlebihan dalam menjawab, dan jawablah sesuai dengan harapan dan pengalaman Anda. Jangan menjawab di luar porsi diri Anda yang sesungguhnya.

Semoga bermanfaat, dan sukses selalu!

(photo: Getty Images)