4 Kuliner Khas Kota Makassar

Loading...

Berwisata ke suatu daerah rasanya kurang lengkap bila tak melakukan wisata kuliner. Wisata kuliner adalah istilah untuk menikmati makanan khas suatu daerah.

Kali ini akan dibahas mengenai makanan khas kota Makassar. Ibukota Sulawesi Selatan ini terkenal dengan beberapa makanan khasnya seperti coto makassar, pallu basa, pisang epe, dan pisang ijo.

Nah apa saja keunikannya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Coto Makassar

Coto Makassar

Coto makassar merupakan makanan khas yang terbuat dari daging sapi dan dicampur dengan bumbu tertentu yang membuat rasanya nikmat dan tak terlupakan. Coto makassar sangat enak bila dimakan saat panas bersama dengan ketupat. Coto makassar mudah sekali ditemukan di sepanjang jalan kota Makassar dengan harga yang relatif terjangkau. Kini coto makassar juga telah masuk dalam salah satu produk makanan cepat saji PT. Indofood.

2. Pallu Basa

Pallubasa

Pallu basa mirip dengan coto makassar, sebab sama-sama terbuat dari daging sapi, bedanya terletak pada bumbunya dan juga penggunaan santan yang kental. Sangat enak bila dikonsumsi bersama nasi dan telur bebek.

READ:  6 Cara Berhemat Untuk Liburan ke Tempat Impian

3. Pisang Epe

Pisang Epe

Pisang epe salah satu makanan khas kota Makassar. Disebut pisang epe karena dibuat dari pisang yang agak muda , kemudian dibakar dan dipipihkan. Pisang epe disajikan bersama dengan gula merah cair. Kadang kala diberi toping keju atau coklat. Pisang epe sangat banyak sekali dijajakan di sepanjang jalan Pantai Losari.

4. Pisang Ijo

Es pisang ijo

Disebut pisang ijo karena makanan ini dibuat dari pisang yang dibalut dengan adonan berwarna hijau, kemudian dicampur dengan sirup berwarna putih atau merah, rasanya manis dan unik apalagi bila ditambahkan sedikit es batu. Sangat cocok bila dikonsumsi saat berbuka puasa atau di musim panas.