Definisi Prosopagnosia

Loading...

Prosopagnosia Prosopagnosia

Apakah Anda sering mengalami kesulitan dalam mengenali wajah seseorang? Nah, mungkin Anda mengidap Prosopagnosia.

Prosopagnosia adalah gangguan neurologis yang ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengenali wajah. Prosopagnosia juga dikenal sebagai kebutaan wajah atau agnosia wajah.

Istilah prosopagnosia berasal dari kata Yunani untuk “wajah” dan “kurangnya pengetahuan”. Tergantung pada tingkat kerusakan, beberapa orang dengan prosopagnosia hanya mungkin mengalami kesulitan mengenali wajah orang-orang yang akrab dengannya, ada juga yang tidak dapat membedakan antara wajah yang tidak dikenali, sementara yang lain mungkin tidak bisa membedakan wajah dengan sebuah objek. Beberapa orang dengan gangguan tersebut bahkan tidak dapat mengenali wajah mereka sendiri.

Prosopagnosia tidak berhubungan dengan disfungsi memori, kehilangan memori, gangguan penglihatan, atau ketidakmampuan belajar. Prosopagnosia dianggap hasil dari kelainan, kerusakan, atau gangguan di fusiform gyrus kanan, lipatan di otak yang muncul untuk mengkoordinasikan sistem saraf yang mengendalikan persepsi wajah dan memori.

Prosopagnosia dapat merupakan hasil dari stroke, cedera otak traumatis, atau penyakit neurodegeneratif tertentu. Dalam beberapa kasus adalah gangguan bawaan, hadir saat lahir tanpa adanya kerusakan otak. Prosopagnosia bawaan tampaknya menurun dalam keluarga, mungkin hasil dari mutasi genetik atau penghapusan. Beberapa derajat prosopagnosia sering hadir pada anak-anak dengan autisme dan sindrom Asperger, dan mungkin penyebab gangguan perkembangan sosial mereka.

READ:  Apa Kata Tangan Anda Mengenai Kesehatan Anda?

(photo: neurosciencefundamentals.unsw.wikispaces.ne)