5 Manfaat Bila Sering Jalan Kaki

Loading...

Jalan kakiJalan kaki

Berjalan adalah aktivitas yang hampir dilakukan orang setiap hari. Di negara China, Jepang, korea dan negara maju lainnya telah menjadikan budaya jalan kaki sebagai aktivitas rutin. Lihat saja tayangan di film-film buatan mereka terlihat lebih dominan para pejalan kaki ketimbang pengguna kendaraan bermotor. Di Jepang contohnya, salah satu produsen kendaraan bermotor terbesar di dunia ternyata justru masyarakatnya tidak selalu menggunakan kendaraan setiap harinya. Kendaraan pribadi baru akan digunakan bila ingin pergi berwisata. Rakyat Jepang lebih memilih berjalan kaki setiap hari saat pergi kantor maupun ke sekolah.

Sebenarnya apa saja manfaat berjalan kaki? Berikut adalah 5 diantaranya:

1. Mencegah penyakit diabetes

Diabetes adalah penyakit berbahaya yang bisa diderita saat usia lanjut. Diabetes dapat dicegah melalui jalan kaki, sebab saat kita berjalan kaki maka glukosa di dalam tubuh akan digunakan oleh sel untuk bekerja. Semakin banyak jalan kaki semakin kecil kemungkinan terkena diabetes.

2. Metode diet murah

Jika ingin diet murah, lakukan jalan kaki setiap hari. Jalan kaki adalah olahraga paling murah karena tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Sering jalan kaki dapat menurunkan berat badan Anda. Sebab saat berjalan kaki jauh, maka lemak di dalam tubuh akan digunakan sebagai energi penggerak saat berjalan kaki.

READ:  6 Manfaat Hebat Mengonsumsi Bayam Secara Rutin

3. Mencegah serangan jantung

Serang jantung dapat membuat seseorang meninggal secara tiba – tiba. Sering jalan kaki dapat mencegah serangan jantung tersebut. Hal ini dikarenakan otot jantung membutuhkan aliran darah yang deras ke jantung untuk membuat jantung berfungsi normal memompa darah ke seluruh tubuh. Berjalan kaki dapat mengencangkan aliran darah yang masuk ke dalam jantung.

4. Mencegah osteoporosis

Pengeroposan tulang di hari tua banyak ditakutkan orang saat ini. Sehingga banyak produk kesehatan untuk mencegah pengeroposan tulang. Cara paling mudah dan murah mencegah osteoporosis adalah dengan berjalan kaki dengan cepat. Menggerakkan badan selama 15 menit sehari serta 15 menit terpapar sinar matahari dapat membantu mencegah osteoporosis.

5. Meredakan encok lutut

Yang sering mengalami encok lutut adalah mereka yang jarang sekali berjalan kaki. Jalan kaki dengan cepat dapat membantu menghilangkan nyeri pada sendi lutut. Jalan kaki bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada sendi untuk memulihkan diri.

Nah, tidak ada ruginya berjalan kaki bukan? Mari berjalan kaki setiap hari.