Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Loading...

Tanaman ginsengTanaman ginseng

Ginseng sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Ginseng telah digunakan sejak pada zaman Cina kuno sebagai obat yang bisa menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan pencernaan, merawat kecantikan kulit serta membantu proses penyembuhan paska mengalami sakit yang akut.

Saat ini, telah banyak ditemukan produk kecantikan maupun kesehatan yang mengandung ginseng atau ekstrak ginseng. Misalnya, masker wajah dan teh herbal ginseng.

Akar dan daun ginseng banyak mengandung antioksidan, vitamin, mineral serta vitamin C yang tentunya sangat baik bagi tubuh.

Vitamin dan kandungan lainnya yang terdapat dalam ginseng membantu proses metabolisme sel-sel kulit dengan cara menutrisi kulit serta ‘mendorong’ sel-sel kulit mati agar keluar dan menghasilkan kulit baru yang sehat serta kencang.

Banyak yang menggunakan ginseng untuk perawatan kulit karena bisa membantu mencegah penuaan dini. Ginseng membuat kulit kencang dari dalam karena bahan yang terkandung dalam ginseng bisa meningkatkan produksi kolagen dalam lapisan tengah kulit (dermis). Kolagen inilah yang membuat kulit jadi lebih elastis dan kencang sehingga keriput atau kerutan halus pada wajah maupun bagian tubuh lainnya tidak tampak.

READ:  3 Gejala Kanker Payudara yang Sering Diabaikan

Manfaat lainnya adalah, toner atau penyegar wajah yang mengandung ginseng bisa membantu mengurangi bintik-bintik hitam yang ada pada wajah.

Bila Anda membuat sendiri masker dari ginseng, sebaiknya Anda mencampur minyak ginseng yang telah Anda buat dengan bahan untuk masker lainnya. Misalnya, minyak bunga matahari, madu atau air. Hal ini dikarenakan minyak ginseng bersifat sangat terkonsentrasi.

Masker ginseng memang membantu mencegah penuaan serta menyamarkan keriput. Namun, sebaiknya masker ginseng digunakan paling banyak 2 kali dalam seminggu.

Tips: Oleskan sedikit bahan masker ke bagian belakang daun telinga sebelum mengoleskannya pada wajah. Diamkan selama 10 menit. Hal ini bertujuan untuk mengetes apakah Anda memiliki alergi pada masker yang berbahan dasar ginseng tersebut.

(photo: mynutramart.com)