Turunkan Berat Badan dengan Diet DASH!

Loading...

diet dashDiet DASH, cara makan sehat yang membantu menurunkan tekanan darah Anda

Apa itu Diest DASH

Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah pendekatan makan sehat seumur hidup yang dirancang untuk membantu mengobati atau mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi).

Diet DASH mendorong Anda untuk mengurangi sodium dalam diet Anda dan mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya nutrisi yang membantu menurunkan tekanan darah, seperti potassium, kalsium dan magnesium.

Dengan mengikuti diet DASH, Anda mungkin dapat mengurangi tekanan darah Anda beberapa poin hanya dalam waktu dua minggu. Seiring waktu, tekanan darah Anda bisa turun 8 sampai 14 poin, membuat perbedaan yang signifikan dalam resiko kesehatan Anda.

Karena diet DASH adalah cara makan yang sehat, ia menawarkan manfaat kesehatan selain menurunkan tekanan darah. Diet DASH dapat menawarkan perlindungan terhadap osteoporosis, kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Diet DASH, yang pada awalnya dikembangkan sebagai gaya makan untuk membantu menurunkan tekanan darah ini, merupakan diet terbaik dan paling sehat, utamanya bagi mereka yang menderita diabetes dan hipertensi.

READ:  Tips Membuat Burger Sehat dalam 10 Menit

Para juri dokter dan ahli kesehatan yang ditunjuk oleh US New & World Reports memilih DASH karena terbukti meningkatkan kesehatan, memiliki keseimbangan kelompok makanan sehat, dan itu benar-benar bekerja.

Telah terbukti menurunkan tekanan darah dan kolesterol, dan berhubungan dengan rendahnya resiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung, stroke, gagal jantung, batu ginjal, penurunan resiko terkena diabetes, dan dapat memperlambat perkembangan penyakit ginjal.

Diet DASH: Tingkat Sodium

Tujuan utama dari diet DASH adalah mengurangi berapa banyak sodium (natrium) yang Anda makan, karena sodium secara dramatis dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang sensitif terhadap dampaknya.

Selain diet DASH standar, ada juga versi sodium rendah dari diet. Anda dapat memilih versi diet yang memenuhi kebutuhan kesehatan Anda:

  • Diet DASH standar. Anda dapat mengkonsumsi hingga 2.300 miligram (mg) sodium per hari.
  • Diet DASH sodium yang lebih rendah. Anda dapat mengkonsumsi sampai 1.500 mg sodium per hari.

Kedua versi diet DASH bertujuan untuk mengurangi jumlah sodium dalam diet Anda dibandingkan dengan apa yang mungkin Anda dapatkan dalam diet yang lebih tradisional, yang dapat berjumlah 3.500 mg sodium dalam sehari atau lebih. Tingkat itu jauh melampaui rekomendasi dari 2005 Dietary Guidelines for Americans dari maksimal 2.300 mg sodium per hari.

READ:  4 Kesalahan Fatal Saat Program Diet

Studi menunjukkan bahwa versi sodium yang lebih rendah dari diet DASH sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah untuk orang dewasa yang berusia setengah baya atau lebih tua, untuk Afrika-Amerika dan bagi mereka yang sudah memiliki tekanan darah tinggi. Jika Anda tidak yakin versi diet DASH yang terbaik bagi Anda, konsultasilah dengan dokter Anda.

(photo: bu.edu)