Cegah Kanker Ovarium Dengan Menyusui

Loading...

wanita menyusuiMenyusui dapat mencegah kanker ovarium

Kanker ovarium kadang disebut sebagai ‘Silent Killer‘ karena muncul tanpa adanya tanda-tanda dan tanpa adanya deteksi dini, maka Anda tidak akan tahu apakah Anda terkena kanker ovarium.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di American Journal of Clinic Nutrition yang dilakukan oleh tim dari Australia dengan mempelajari 493 wanita yang didiagnosis mengidap kanker ovarium serta membandingkan dengan 472 wanita yang sehat.

Saat mereka ditanyakan mengenai apakah mereka sudah memiliki anak dan berapa lama mereka menyusui, wanita yang sehat dalam waktu kurang lebih 13 bulan memiliki resiko 63% lebih rendah terkena kanker ovarium dibandingkan dengan wanita yang hanya menyusui anaknya selama kurang lebih 7 bulan. Masih di studi yang sama, menurut peneliti, efeknya akan semakin besar bila seorang wanita memiliki banyak anak.

Ibu yang memiliki 3 anak dan semuanya disusui selama 31 bulan peluang terkena kanker ovarium semakin rendah, yakni 91%.

“Menyusui bisa membantu menunda proses ovulasi atau pembuahan dimana sel telur dilepaskan dan ovarium terpapar cairan yang kaya estrogen dan diklaim sebagai salah satu penyebab utama munculnya kanker ovarium” Kata seorang peneliti seperti yang kami kutip dari Zeenews.

(photo: today.msnbc.msn.com)

READ:  Mengenal Hemachromatosis Turunan