Pilih Mandi Air Dingin Atau Air Hangat?

Loading...

mandiMandi

Mandi dapat membersihkan dan menyegarkan tubuh. Terlebih ketika musim panas tiba, tubuh akan sering berkeringat dan terasa gerah. Mandi dapat menggunakan air dingin atau air hangat. Beberapa orang suka mandi air dingin akan tetapi ada juga yang hobi mandi air hangat. Dalam tinjauan kesehatan, ternyata mandi air hangat maupun air dingin sama–sama memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Namun perlu diketahui ada saat yang tepat untuk mandi air hangat dan dingin.

Bagaimana saja kondisi yang tepat tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Pagi hari sebaiknya mandi menggunakan air dingin. Mandi air dingin dapat membuat tubuh menjadi segar dan badan bersemangat, sedangkan mandi menggunakan air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga cocok bila dilakukan saat menjelang istirahat pada malam hari.

Mandi air dingin dapat menutup pori-pori sehingga membuat kulit segar dan tidak cepat kering, sedangkan mandi air hangat dapat membuat pori–pori kulit terbuka sehingga mudah dalam membersihkan kulit dari kotoran penyebab penyakit.

READ:  Antibiotik dan Cara Kerjanya

Mandi air hangat maupun air dingin dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pada pria. Seperti yang diketahui bahwa mandi air hangat dapat mengurangi jumlah sperma di dalam testis, sedangkan mandi air dingin dapat mempertahankan jumlahnya. Buat yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya sering–sering mandi air dingin daripada air hangat.

Saat mandi air hangat, darah akan bergerak menuju kulit, sedangkan mandi air dingin membuat darah bergerak ke arah organ dan membuatnya lebih hangat. Keduanya dapat membantu sirkulasi tubuh lebih baik dan membuang racun di dalam tubuh.

(photo: jujusalon.com)