Mengenal Sindrom Fregoli

Loading...

Fregoli delusionSindrom Fregoli

Apa itu Sindrom Fregoli

Fregoli delusion adalah gangguan yang sangat jarang terjadi di mana seseorang percaya bahwa sejumlah orang yang berbeda sebenarnya satu individu tunggal, yang menyesuaikan bentuknya dalam penyamaran. Gangguan tersebut dapat dikaitkan dengan cedera otak, dan biasanya mengambil bentuk delusi paranoid di mana pasien berpikir mereka sedang dikejar oleh orang-orang yang diduga menyamar.

Kelainan ini disebut seperti itu setelah aktor Italia Leopoldo Fregoli, yang terkenal karena keterampilannya membuat perubahan cepat dalam penampilannya saat tampil di teater. Berikut kami paparkan gejala, pengobatan, dan penyebab sindrom Fregoli, dikutip dari voices.yahoo.com.

Gejala Sindrom Fregoli

Gejala-gejalanya sangat banyak, meliputi:

– Episode delusi dan halusinasi
– Kurangnya memori visual
– Tidak dapat benar memantau diri
– Kurangnya kesadaran diri
– Ketidakmampuan untuk mengontrol perilaku dan melakukan pemikiran abstrak
– Episode epileptogenik

Selain itu, pasien dengan sindrom Fregoli sering percaya bahwa orang-orang yang dekat dengannya, kerabat dan keluarga misalnya, sebenarnya menyamar sehingga terlihat seperti orang asing, dengan niat jahat.

READ:  Bolehkah Makan Pedas selama Hamil?

Pengobatan Sindrom Fregoli

Pengobatan Fregoli disorder memang ada, dan sebagian besar memanfaatkan jenis obat-obatan antipsikotik serta obat antidepresan. Antidepresan trisiklik pernah sekali digunakan, meskipun akhirnya ditemukan sisi negatif efek pengobatan tersebut sehingga lebih sering melibatkan trifluperazine dan antidepresan modern seperti venlafaxine dan fluoxetine. Selain ini, obat antikonvulsan kadang-kadang diresepkan.

Penyebab Sindrom Fregoli

Trauma otak serius dapat menyebabkan sindrom Fregoli. Secara khusus, kerusakan pada daerah temporoparietal kanan ke depan atau kiri dari otak dapat membawa pada kekurangan dalam pemantauan diri dan penghambatan Fregoli disorder.

Selain itu, kerusakan atau cedera pada gyrus fusiform atau ke sisi kanan gyri temporal yang mungkin berhubungan dengan gangguan tersebut. Gyri-lah yang mempertahankan kenangan dalam jangka panjang, dan khususnya berkaitan dengan ingatan wajah.

Studi tentang sindrom Fregoli, serta delusi sindrom kesalahan identifikasi lainnya, sangat banyak di garis depan penelitian medis, terutama sebagai jenis gangguan yang sering berkembang bersama penyakit mental lainnya seperti depresi dan skizofrenia. Seperti banyak gangguan mental, penyebabnya tidak sepenuhnya dipahami, dan karena itu belum ada obat yang benar-benar efektif. Terlebih lagi, karena kelangkaan sindrom Fregoli, hanya beberapa kasus dapat diakses untuk studi dan penelitian.