Berwisata di Danau Matano Sorowako, Keindahan Yang Tersembunyi

Loading...

danau matanoDanau Matano – Sorowako

Menghabiskan akhir pekan biasanya dilakukan bersama keluarga atau teman–teman dekat. Pilihannya kalau bukan ke pantai, ke sungai atau kolam renang. Tempat tersebut sudah banyak ditemukan  dan sudah sering dikunjungi.

Nah, bagaimana bila mencoba sebuah wisata baru di daerah danau? Danau adalah air tawar atau air asin yang terakumulasi dalam sebuah tempat yang sangat luas. Di Indonesia, danau yang paling terkenal adalah Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Bila sedang berwisata di Sulawesi Selatan, Anda dapat berkunjung ke Danau Matano di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Tempat wisata ini belum dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, tetapi sudah sangat terkenal sebagai pertambangan nikel terbesar di dunia.

Danau Matano merupakan danau terdalam di Asia Tenggara dengan mencapai kedalaman 590 m dan masuk urutan ke delapan danau terdalam di dunia. Danau Matano terletak di kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, sekitar 600 km dari kota Makassar.

Perjalanan ke Sorowako dapat ditempuh melalui jalur udara dan darat menggunakan bis atau mobil pribadi dengan waktu tempuh antara 12-14 jam, perjalanan udara dapat dilakukan menggunakan pesawat jenis Fokker dari Bandara Internasional Hasanuddin ke Bandara PT. Vale.

READ:  Melepas Penat Di Wisata Kebun Gowa

Perjalanan yang cukup jauh akan terbayarkan dengan keindahan danau Matano, panorama alamnya dapat dinikmati setiap saat mulai dari pagi hingga malam hari.

Danau Matano dikelilingi oleh pegunungan Verbeek yang biasanya dijadikan tempat wisata oleh masyarakat sekitar. Anda dapat berkeliling danau menggunakan kapal katinting dan raft yang merupakan kendaraan khas di danau ini.

Air danau Matano yang sangat jernih membuat Anda dapat menikmati pemandangan di dalam air seperti Ikan Louhan, ikan yang biasanya dipelihara di dalam aquarium dapat dinikmati di danau ini. Danau ini telah menjadi tempat tinggal bagi 13 jenis jenis ikan endemik air tawar asal Sulawesi selatan.

Selain danau, pegunungan Verbeek juga biasanya dijadikan kegiatan wisata minat khusus seperti rock climbing, caving, hiking dan menyelam.

Buat pecinta fotografi dapat melakukan hunting di lokasi mana saja di wilayah ini, mengingat banyaknya tempat mengabadikan momen–momen indah dari danau Matano.

Untuk Anda yang hobby travelling, lokasi ini adalah tempat wisata yang keren tentunya. Selamat berwisata.

READ:  Rekomendasi Tujuan Wisata Danau di Indonesia

(photo: kamalsuraba.blogdetik.com)