Asal Mula Istilah Bedah Caesar

Loading...

Operasi CaesarDokter sedang melakukan Bedah Caesar

Bedah Caesar atau biasa hanya disebut Caesar, merupakan salah satu dari sekian banyak metode melahirkan. Seperti yang kita ketahui, bedah Caesar ini telah banyak dilakukan oleh dokter atau ahli bidan untuk menolong wanita yang sulit ketika melahirkan. Maksudnya sulit disini ialah posisi bayi yang kurang tepat untuk memungkinkan dilahirkan secara normal.

Di Uganda, para tabib melakukan bedah dengan cara menggunakan Wine pisang untuk membius calon ibu yang akan melahirkan. Sang tabib akan menyayat secara vertikal perut wanita dengan peralatan yang telah dibakar. Tabib tersebut akan memijat perut wanita, karena mereka paham akan pijatan pada rahim dapat membantu kontraksi dan pembuluh darah akan mengerut sehingga tidak mengeluarkan banyak darah.

Nah, tahukah Anda bahwa ada tiga teori asal istilah bedah Caesar ini ditemukan?

1. Julius Caesar

Saat Roma berada dalam pemerintahan Julius Caesar, ia membuat undang-undang yang menyatakan bahwa wanita yang akan melahirkan dalam keadaan sekarat, perutnya harus dibedah agar bayinya terselamatkan.

READ:  9 Manfaat Sehat Air Madu

2. Caedare

Berasal dari kata kerja Latin caedare yang memiliki arti “memotong”. Hal ini mungkin mengarah pada teori yang menyebutkan bahwa bedah Caesar dilakukan dengan cara pembedahan perut.

3. Caesones

Berasal dari kata benda Latin caesones yang mengarah pada bayi yang lahir dengan selamat, usai dikeluarkan melalui pembedahan pada ibu mereka yang telah meninggal.

(photo: craiglotter.co.za)