Seberapa Penting Vaksinasi Pada Anak

Loading...

Vaksinasi anakVaksinasi anak

Ketika kuman masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh mengenalinya sebagai zat asing (antigen). Sistem kekebalan tubuh kemudian memproduksi antibodi yang tepat untuk melawan antigen.

Tentang Vaksin

Vaksin berisi antigen penyebab penyakit yang melemah atau telah mati. Ini berarti bahwa antigen tidak bisa menghasilkan tanda-tanda atau gejala penyakit, tetapi mereka merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membuat antibodi. Antibodi ini membantu melindungi anak Anda jika terkena penyakit di masa depan.

Vaksin tidak hanya membantu menjaga anak Anda tetap sehat, mereka juga membantu dengan membasmi penyakit anak serius.

Salah satu hal yang paling penting yang dapat dilakukan orangtua untuk anak mereka adalah untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan semua vaksinasi rutin masa kanak-kanak. Ini adalah cara yang paling efektif untuk menjaga mereka agar tetap terlindungi dari penyakit menular.

Idealnya, anak-anak harus memiliki vaksinasi mereka pada usia yang tepat untuk melindungi mereka sedini mungkin dan meminimalkan risiko infeksi.

Apakah vaksin aman?

Vaksin umumnya cukup aman. Perlindungan yang diberikan oleh vaksin jauh melampaui resiko yang sangat kecil dari masalah serius. Vaksin telah membuat banyak penyakit masa kanak-kanak yang serius jarang terjadi hari ini. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan.

READ:  10 Makanan yang Akan Memperbaiki Mood Anda

Apakah vaksin memiliki efek samping?

Beberapa vaksin dapat menyebabkan efek samping ringan sementara seperti demam, atau nyeri atau benjolan di bawah kulit di mana suntikan diberikan. Dokter keluarga Anda akan berbicara dengan Anda tentang efek samping yang mungkin timbul dengan vaksin tertentu.

Apakah ada alasan anak saya tidak harus divaksinasi?

Dalam beberapa situasi khusus, anak-anak tidak harus divaksinasi. Sebagai contoh, beberapa vaksin tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang memiliki beberapa jenis kanker atau penyakit tertentu, atau yang sedang mengkonsumsi obat yang menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Jika anak Anda memiliki reaksi serius terhadap suntikan pertama dalam serangkaian suntikan, dokter keluarga Anda mungkin akan berbicara dengan Anda tentang pro dan kontra dari memberinya sisa suntikan dalam serinya.

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang apakah anak Anda harus menerima vaksin.

(photo: foodmatters.tv)