3 Vaksin yang Dapat Menyelamatkan Hidup Anda

Loading...

vaksinVaksin

Ketiga vaksin ini bisa menyelamatkan hidup Anda. Baca terus untuk melihat apakah mereka suatu keharusan untuk Anda, dikutip dari health.com.

Cacar Air (Varicella)

Yang diperlukan: Dua suntikan dalam sekali waktu, setidaknya empat minggu terpisah.

Yang membutuhkan: Siapapun yang lahir setelah tahun 1980 tidak memiliki cacar air atau mendapatkan dua seri suntikan vaksin saat kanak-kanak. Orang-orang yang lahir sebelum tahun 1980 dianggap kebal terhadap cacar air, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Namun, jika Anda lebih dari 31 tahun dan tidak pernah terkena, abaikan aturan 1980 dan lakukan tes darah untuk memeriksa antibodi virus, terutama jika Anda berencana untuk hamil atau Anda bekerja di bidang kesehatan. Jika tes darah menunjukkan Anda tidak kebal, mulailah seri vaksin segera. Jika Anda sudah hamil, mulailah tepat setelah Anda melahirkan.

Mengapa hal ini layak: Suatu keharusan jika Anda berpikir tentang kehamilan, karena virus tersebut dapat menyebabkan cacat lahir dan kelahiran mati – dan Anda bisa mendapatkannya hanya dengan berada di sebuah ruangan dengan seseorang yang sakit. Tidak peduli apa, itu ide yang baik untuk mendapatkan imunisasi karena cacar air cenderung menjadi jauh lebih parah pada orang dewasa dibandingkan anak-anak: Setengah dari semua virus yang berhubungan dengan kematian terjadi pada orang dewasa, meskipun dewasa mencapai kurang dari 5% dari kasus.

READ:  Konsumsi 10 Makanan Super Ini Sekarang Juga!

Sinanaga

Yang diperlukan: Sekali suntikan

Yang membutuhkan: Dewasa 60 tahun dan lebih . Untuk usia antara 50 dan 60, The Food and Drug Administration baru-baru ini menyetujui vaksin untuk digunakan dalam kelompok usia Anda, meskipun CDC belum memutuskan apakah akan merekomendasikan Anda mendapatkannya.

Mengapa hal ini layak: Vaksin dapat mengurangi separuh risiko Anda untuk herpes zoster, penyakit melemahkan yang pada dasarnya merupakan kembalinya virus cacar air yang telah bersembunyi di ujung saraf Anda pada beberapa dekade terakhir. Karena sistem kekebalan tubuh kita melemah dengan bertambahnya usia, virus mulai muncul kembali di sepanjang jalur saraf, menyebabkan ruam, ruam melepuh. Bahkan setelah ruam menghilang, nyeri herpes zoster dapat berkepanjangan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Penyakit Pneumococcal

Yang diperlukan: Satu suntikan ditambah pendorong pada usia 65 tahun jika sudah lebih dari lima tahun sejak suntikan pertama.

Yang membutuhkan: Semua orang dewasa usia 65 tahun dan lebih, serta siapa saja yang memiliki sistem kekebalan tubuh (misalnya, karena penyakit seperti kanker atau HIV).

READ:  Seberapa Penting Vaksinasi Pada Anak

Mengapa hal ini layak: Orang dalam kelompok-kelompok tertentu berada pada resiko yang cukup tinggi terhadap infeksi aliran darah yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae, jelas William Schaffner, MD, presiden dari National Foundation for Infectious Diseases. Bakteri ini berada tanpa cukup merugikan di leher kita. Tapi ketika paru-paru menjadi rentan terhadap infeksi karena merokok, asma, atau sistem kekebalan tubuh yang melemah, “bakteri ini masuk ke dalam paru-paru dan aliran darah,” katanya.

(photo: sciencedaily.com)