Punya Linkedin? Ini Cara Memaksimalkannya

Loading...

Linked-inLinkedin, salah satu jejaring sosial populer

Linkedin adalah salah satu jejaring sosial yang menjadi media bagi banyak perusahaan besar untuk merekrut karyawan. Jejaring sosial dengan jumlah pengguna sekitar 175 juta orang di seluruh dunia ini adalah salah satu tempat paling tepat untuk “menjual diri” jika ingin dilirik perusahaan besar.

Tapi punya akun Linkedin tidak otomatis membuat Anda dilirik oleh head hunter, tentu ada cara agar Anda bisa mengoptimalkan potensi menggunakan Linkedin. Apa saja caranya? Berikut ada tips dari pengamat karir Lindsey Pollak yang juga perwakilan dari Linkedin.

1. Jadilah otentik

Apa yang Anda tampilkan di Linkedin (atau di mana saja) seharusnya adalah sesuatu yang memang benar-benar Anda miliki, bukan sesuatu yang dibuat-buat dengan tujuan personal branding. Tuliskan personalitas yang Anda miliki dalam bahasa yang sederhana, tidak perlu terlalu puitis.

2. Tingkatkan Aksesibilitas

Anda sudah punya akun Linkedin, Anda sudah menampilkan personalitas yang bagus tapi tidak ada seorangpun yang tahu. Percuma saja bukan? Cobalah untuk menyebarkan URL dari akun Linkedin Anda dalam setiap kesempatan. Tuliskan akun Anda di resume, kartu nama atau website pribadi dan medial sosial lainnya. Jangan lupa untuk terus melakukan update status, tuliskan proyek apa yang Anda kerjakan sekarang, konferensi yang Anda hadiri atau buku yang Anda baca. Personal branding bukan cuma tentang “siapa Anda” tapi juga tentang “apa yang Anda kerjakan”

READ:  Aaron Swartz, Pendiri Situs Reddit Yang Tewas Bunuh Diri

3. Aktif dalam grup yang sesuai

Bila Anda meminati bidang konstruksi, maka pilihan terbaik tentu bergabung dengan grup yang membahas masalah konstruksi. Jangan lupa untuk memberi komentar yang berbobot dalam setiap percakapan atau diskusi kelompok. Ini membantu meningkatkan kualitas personal Anda dan menarik perhatian orang lain.

4. Bangun jaringan yang terpecaya

Salah satu cara mendongkrak personal branding Anda adalah dengan cara membangun jaringan terpercaya dengan lingkungan Anda. Cobalah menjalin jaringan dengan perusahaan besar, teman terpercaya, mantan rekan sekerja atau para profesional lainnya.

5. Headline itu penting

Dalam profil Linkedin headline memegang peranan penting, karena itu adalah tag line dari personal branding Anda. Ini yang pertama kali dilihat orang ketika membuka halaman Linkedln Anda, jadi jangan lupa untuk memilih headline yang unik yang menggambarkan kemampuan anda secara pas.

6. Saling membantu

Namanya juga media sosial, sikap murah hati dan rajin membantu adalah salah satu cara yang paling pas untuk meningkatkan personal branding kita. Sering-seringlah membagi pengetahuan, rekomendasi atau memberi selamat kepada rekan yang sedang berbahagia. Tunjukkan empati dan simpati aAda. Biasanya orang akan merekomendasikan profil kita sebagai balasan dari sikap murah hati kita yang tulus.

READ:  Inilah 5 Alasan Mengapa Seseorang Menggunakan Sosial Media

7. Konsisten

Data resume dan elemen lain dalam Linkedln harus konsisten satu sama lainnya. Ini agar mereka yang membaca profil Anda tidak kebingungan. Lagipula mana ada perusahaan yang mau merekrut Anda ketika melihat Anda begitu tidak konsisten?

(photo: conecti.ca)