6 Bagian yang Wajib Dibersihkan Setelah Offroad

Loading...

offroadOffroad

Bagi Anda penggemar offroad, pasti Anda sangat senang jika bermain di kubangan lumpur bersama jip Anda. Hal ini sudah pasti akan membuat jip Anda dipenuhi lumpur. Mencuci mobil merupakan ritual wajib bagi para pemilik jip setelah mengikuti offroad. Tapi tahukah Anda, bahwa ada bagian-bagian jip Anda yang secara tidak kasat mata membutuhkan pembersihan ekstra?

Berikut akan kami bagi beberapa bagian pada jip Anda yang membutuhkan pembersihan ekstra setelah mengikuti offroad:

Rem

Bagian kendaraan ini memiliki fungsi yang sangat penting. Rem pada jip yang telah mengikuti offroad tidak akan berfungsi maksimal karena menjadi licin dan basah. Oleh sebab itu, pastikan rem jip Anda benar-benar kering sebelum Anda menggunakannya di jalan raya.

Rem Cakram

Bagian yang satu ini memang mudah dibersihkan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda melepaskan komponen-komponen rem tersebut untuk memastikan kebersihannya. Cukup dengan air sabun, komponen yang dilepas tadi dapat dibersihkan. Jika Anda telah yakin komponen tersebut telah bersih bilaslah dengan air bersih kemudian keringkan. Setelah itu pasang kembali komponen tersebut seperti semula.

READ:  Bagaimana Cara Merawat Sliding Door Pada Mobil?

Rem Tromol

Bila dibandingkan dengan cakram, tromol merupakan bagian yang paling sensitif dari sebuah jip. Konstruksi tromol yang tertutup menyebabkan air dan kotoran tidak langsung keluar dari bagian tromol. Cara untuk membersihkan bagian-bagian pada tromol sama saja dengan membersihkan cakram.

Girboks dan Transfercase

Bagian ini merupakan bagian yang termasuk sulit dijangkau oleh air. Namun jika Anda sempat berhenti di dalam kubangan lumpur/air, Anda wajib untuk memeriksa bagian ini. Periksalah oli transmisi Anda. Jika warna oli keruh seperti kopi susu/terdapat campuran air di dalamnya, maka kuraslah oli Anda dan ganti dengan yg baru.

Gardan

Bagian yang rawan ditembus oleh air/lumpur ini sekiranya membuat Anda wajib memeriksa kondisi oli. Jika oli berwarna keruh tercampur air, maka Anda harus mengurasnya dan menggantinya dengan yang baru.

Kelistrikan

Bagian ini kita ketahui tidak akan pernah cocok dengan air. Sebaiknya Anda memeriksa bagian-bagian seperti soket lampu, alternator dan soket lainnya. Gunakan contact cleaner seteleh membuka soket dan semprotkan cairan tersebut. Setelah kering, pasang kembali dengan seksama agar tidak terjadi korslet.

READ:  6 Tips Agar Motor Matic Anda Lebih Irit dan Performa Maksimal

(photo: tripadvisor.com)