Apa itu Gangguan Bipolar?

Loading...

Gangguan BipolarSuasana hati sangat gampang berubah

Apa itu Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki periode suasana hati yang berubah-ubah antara sangat baik atau mudah marah dan depresi. Ini adalah penyakit mental yang serius, yang dapat menyebabkan perilaku beresiko, hubungan dan karir yang hancur, dan bahkan kecenderungan bunuh diri – jika tidak diobati.

Gangguan bipolar ditandai dengan perubahan ekstrim pada suasana hati – dari mania menjadi depresi. Di antara episode suasana hati, orang dengan gangguan bipolar dapat mengalami suasana hati yang normal.

Gangguan bipolar sama-sama mempengaruhi laki-laki dan perempuan. Ini biasanya dimulai antara usia 15-25 tahun. Penyebab pastinya belum diketahui, tetapi lebih sering terjadi pada keluarga dengan gangguan bipolar.

Jenis Gangguan Bipolar

– Orang dengan tipe gangguan bipolar telah memiliki setidaknya satu episode manik dan periode depresi mayor. Dulu gangguan bipolar tipe I disebut depresi manik.

– Orang dengan gangguan bipolar tipe II tidak pernah memiliki mania sepenuhnya. Sebaliknya mereka mengalami periode tingkat energi yang tinggi dan impulsif yang tidak se-ekstrem mania (disebut hipomania). Ini berselang-seling dengan episode periode depresi.

READ:  Trik Agar Bangun Segar di Pagi Hari

– Suatu bentuk ringan dari gangguan bipolar disebut cyclothymia melibatkan perubahan suasana hati yang tidak begitu parah. Orang dengan gangguan bipolar tipe ini sering bergantian antara hipomania dan depresi ringan.

Pada kebanyakan orang dengan gangguan bipolar, tidak ada penyebab yang jelas untuk manik atau episode depresif.

Berikut ini dapat pemicu episode manik pada orang dengan gangguan bipolar:

– Perubahan hidup seperti melahirkan
– Obat-obatan seperti antidepresan atau steroid
– Periode sulit tidur
– Rekreasi penggunaan obat

(photo: wellingtonretreat.com)