8 Tips Alami Mencegah Pilek dan Flu

Loading...

Flu dan batukGunakan tisu ketika sedang bersin dan batuk

Pendekatan proaktif untuk menangkal pilek dan flu sangat tepat untuk membuat hidup Anda lebih sehat. Cara yang paling efektif untuk mencegah flu adalah dengan mendapatkan vaksinasi flu. Ia bekerja lebih baik dari apa pun. Tetapi ada strategi lain yang juga Anda dapat lakukan.

Berikut adalah 8 tips untuk membantu mencegah pilek dan flu secara alami, dikutip dari webmd.com.

1. Mencuci Tangan

Sebagian besar virus flu menular melalui kontak langsung. Seseorang yang memiliki flu lalu bersin dan mengenai tangannya dan kemudian memegang telepon, keyboard, gelas dapur. Kuman dapat hidup selama berjam-jam hingga menular ke orang berikutnya yang menyentuh objek yang sama. Jadi sering-seringlah mencuci tangan Anda.

2. Jangan Menutup Mulut dengan Tangan Saat Bersin dan Batuk

Karena kuman dan virus dapat menempel di tangan Anda, meredam batuk dan bersin dengan tangan Anda sering berakibat menularkan kuman Anda pada orang lain. Ketika Anda merasa bersin atau batuk datang, gunakan tisue, kemudian buang segera. Jika Anda tidak memiliki tisue, batuk atau bersin ke bagian dalam siku Anda.

READ:  5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Saat Kena Flu

3. Jangan Sentuh Wajah Anda

Virus flu masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, atau mulut. Menyentuh wajah adalah cara utama anak-anak terkena pilek dan kunci mereka akhirnya menularkannya pada orang tua mereka.

4. Lakukan Latihan Aerobik Secara Teratur

Latihan aerobik mempercepat jantung untuk memompa darah dengan kuantitas lebih besar, membuat Anda bernapas lebih cepat untuk membantu mentransfer oksigen dari paru-paru ke darah Anda, dan membuat Anda berkeringat. Latihan ini membantu meningkatkan sel tubuh pembunuh virus alami.

5. Makan Makanan yang Mengandung Fitokimia

“Fito” berarti tanaman, dan bahan kimia alami pada tumbuhan memberikan dorongan pada vitamin dalam makanan. Jadi singkirkan pil vitamin, dan makan sayuran dan buah hijau tua, merah, dan kuning.

6. Jangan Merokok

Statistik menunjukkan bahwa perokok berat mendapatkan flu lebih parah dan lebih sering.

Bahkan berada di sekitar asap dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Asap membuat hidung Anda kering dan melumpuhkan silia. Silia adalah garis rambut halus selaput lendir di hidung dan paru-paru, dan dengan gerakan bergelombangnya, dingin menyapu dan virus flu keluar dari hidung. Para ahli menyatakan bahwa satu rokok bisa melumpuhkan silia selama 30 sampai 40 menit.

READ:  Tips Jitu Menyembuhkan Pilek Tanpa Obat

7. Kurangi Konsumsi Alkohol

Penggunaan alkohol berat menekan sistem kekebalan tubuh dalam berbagai cara. Peminum berat lebih rentan terhadap infeksi dan juga komplikasi. Alkohol juga membuat tubuh dehidrasi – ia menyebabkan lebih banyak cairan yang keluar daripada masuk ke sistem Anda.

8. Santai

Jika Anda bisa melatih diri sendiri untuk bersantai, Anda mungkin mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ada bukti bahwa saat Anda menempatkan keterampilan relaksasi Anda ke dalam tindakan, interleukin Anda – pemimpin dalam respon sistem kekebalan tubuh terhadap virus flu – meningkat dalam aliran darah. Latihlah diri Anda untuk membayangkan sebuah gambar yang Anda pikir menyenangkan atau menenangkan. Lakukan ini selama 30 menit setiap hari selama beberapa bulan.

(photo: mnn.com)