Berkunjung Ke Pasar Cinta Di Vietnam

Loading...

Gadis berpakaian tradisional di khau vai love marketGadis berpakaian tradisional di Khau vai – Love Market

Kalau di Thailand ada Pasar Keberuntungan, maka di Vietnam ada yang namanya Pasar Cinta yang khusus untuk mempertemukan dengan mantan pacar. Wahhhh!

Setiap tahun pada tanggal 26-27 bulan ketiga di kalender Cina akan diadakan Love Market atau Pasar Cinta. Pasar ini dibuat khusus sebagai tempat bertemunya pasangan yang sudah berpisah meskipun orang yang ingin bertemu mantan pacarnya itu sudah menikah. Pasar ini terletak di lereng bukit Desa Khau Vai, sekitar 200 km sebelah utara Hanoi dekat perbatasan China.

Ratusan suku yang ada di sana akan kembali bersatu dan berjalan-jalan di daerah tersebut untuk menghabiskan waktu bersama.

Mereka yang hadir harus menggunakan pakaian tradisional berwarna-warni. Pasangan-pasangan yang bertemu dalam acara ini bisa bernostalgia dengan mantan pacar mereka. Mereka tidak boleh cemburu satu sama lain. Bahkan pasangan yang telah menikahpun banyak yang ikut serta dalam acara ini.

Pasar Cinta ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal saja, namun banyak juga turis yang mengunjungi vietnam untuk ikut dalam tradisi ini.

READ:  Perpustakaan Terindah di Dunia

Adanya tradisi ini mempunyai kaitan erat dengan legenda percintaan dimasa lalu yang berawal dari seorang gadis suku Giay bernama Ha Giang yang jatuh cinta pada Cao bang dari Suku Nung. Karena pada saat itu pernikahan dengan orang yang berbeda suku masih dilarang, mereka memutuskan untuk berpisah agar kedamaian antar suku bisa terjaga. Namun, sebenarnya mereka tidak langsung ‘putus’ begitu saja. Setiap tahun pada tanggal 27 di bulan ketiga pada kelender Cina, mereka akan bertemu di Khau Vai. Maka jadilah kisah ini berlanjut sebagai tradisi sampai sekarang.

Selain pasar cinta, ada juga atraksi lain yang bisa Anda lihat. Antar lain, ritual ibadah Suku Lo Lo, Kincir Raksasa, wisata kuliner, dan gadis – gadis cantik yang mengenakan pakaian tradisional.

(photo: talkvietnam.com)